13 Cara Melupakan Mantan Paling Ampuh Agar Hidup Lebih Produktif

Cara Melupakan Mantan – Penggunaan istilah mantan terindah untuk seseorang yang kita tinggalkan atau yang meninggalkan kita saya kira bukanlah istilah yang tepat. Karena kalau terindah tidak akan menjadi mantan, rugi dong kalau terindah tapi orangnya tidak ada disamping kita lagi. Hehe

Melupakan mantan bisa dibilang susah susah gampang, tergantung bagaimana cara kita menyikapinya. Kalau kalian bisa menyikapi dengan baik ketika ditinggalkan kekasih, kalian mungkin tidak akan membaca artikel ini. Karena jika kalian membaca artikel ini, bisa dipastikan kalian sedang galau karena sedang kesulitan untuk move on dari mantan….wkwk

Oleh karena itu artikel cara melupakan mantan ini saya buat untuk kalian yang sedang berusaha agar bisa segera move on. Biasanya orang yang sedang galau karena cinta, hidupnya menjadi tidak produktif.

Setiap mau melakukan sesuatu, ingat si doi. Ketika melihat sesuatu, ingat lagi. Waktu mendengar lagu kesukaannya, makin bertambah ingat. Pokoknya setiap mau beraktifitas apapun masih terbayang-bayang wajahnya.

Berikut ini tips jitu cara melupakan mantan agar hidupmu lebih produktif.

Cara Melupakan Mantan 1: Stop Stalking!

Cara melupakan mantan

stop cari-cari tahu (zanews.co.za)

Cara melupakan mantan yang pertama adalah stop stalking mantan. Di zaman sosial media seperti ini sangat mudah mencari informasi tentang apapun. Dalam hal ini adalah mencari informasi tentang apa yang sedang dilakukan sang mantan.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah sterilkan seluruh akun sosial mediamu dari akun si doi. Mulailah unfollow instagramnya, unfollow twitternya, dan blokir akun facebooknya. Bahkan kalau perlu blokir juga nomor whatsappnya dari list kontak telponmu.

Karena sedikit atau banyak pastinya akan terbersit dalam pikiran untuk mencari tahu apa yang sedang dia lakukan.

Intinya adalah batasi seminimal mungkin hubunganmu dengannya agar memudahkan untuk melupakannya.

Cara Melupakan Mantan 2: Jangan Mengingat Kebaikan Mantan

cara melupakan mantan

majelistausiyahcinta.com

Ketika sedang sendiri, tiba-tiba muncul rasa sesal pada diri anda akan putusnya hubungan dengan mantan. Karena selama berhubungan mungkin banyak sekali kebaikan yang terlihat dalam diri si doi.

Saran saya adalah berhenti memikirkan semua kebaikan-kebaikan yang pernah ia lakukan padamu. Ingatlah, dalam pacaran tidak semua kebaikan yang diberikan adalah murni berasal dari kebiasaan aslinya.

Kebanyakan dari mereka yang berpacaran adalah pencitraan. Yaitu saling mencitrakan bahwa dirinya baik bagi pasangannya. Ia akan berusaha menjadi orang yang ideal bagi pasangannya.

Sifat aslinya hanya akan benar-benar muncul ketika kita sudah benar-benar dalam ikatan pernikahan.

Jadi cara melupakan mantan yang kedua adalah ingatlah bahwa kebaikan-kebaikan yang pernah dilakukannya belum tentu merupakan sifat asli si doi. Atau bisa juga dengan mengingat keburukan-keburukan yang pernah doi tunjukkan selama menjalin hubungan dengan kamu.

Cara Melupakan Mantan 3: Buang Seluruh Barang Pemberian si Dia

Cara melupakan mantan yang ke tiga adalah buang pemberian mantan dan jangan hibahkan. Bagaimana kamu bisa melupakan dia kalau kaos yang ia berikan masih anda pakai? Atau boneka yang diberikan masih anda pajang di kamar?

Yang ada malah menumbuhkan kenangan lama yang gagal bersemai.

Akan menjadi sulit melupakan doi ketika barang-barang yang pernah ia berikan masih kamu “awetkan”.

Saran saya jangan hibahkan barang-barangnya ke orang lain. Karena mungkin saja suatu waktu ketika barangnya orang lain pakai kemudian kita mengetahuinya akan membangkitkan kenangan tentang dia lagi.

Oh iya, hapus juga seluruh foto-foto bareng doi di seluruh gadget yang kamu miliki seperti di hp dan laptop. Jangan biarkan dirimu terpaksa mengingat doi ketika kamu membuka hp maupun laptop untuk keperluan sehari-hari.

Cara Melupakan Mantan 4: Curhat ke Orang Terdekat

Cara melupakan mantan

kabarnesia.com

Terkadang, kita butuh seseorang sebagai tempat untuk mencurahkan hati ketika ada masalah. Setelah putus cinta, kamu butuh orang terdekat untuk mendengar ceritamu. Mereka adalah bisa sahabat ataupun keluarga. Ceritakanlah sejujur-jujurnya kepada lawan bicaramu agar muncul rasa lega dalam hati.

Kadang masalah akan berkurang bahkan selesai dengan sendirinya ketika kita selesai curhat. Meskipun dalam proses curhat tersebut tidak atau belum ditemukan solusi masalah yang dialami.

Timbulnya perasaan lega paling tidak mengurangi beban pikiran yang sebelumnya dirasakan.

Jangan malu untuk menceritakan masalahmu. Ketika kamu jujur, sahabat ataupun keluarga yang menjadi lawan bicara bisa dapat memberikan saran agar dirimu bisa mudah melupakan mantan dan benar-benar melupakannya.

Cara Melupakan Mantan 5: Berdamai Dengan Diri Anda

Setelah mengalami putus cinta, terkadang kita menyalahkan diri sendiri. Hal tersebut bisa menyakiti diri kita sendiri. Padahal jika dipikir-pikir, putusnya hubungan mungkin bukan sepenuhnya kesalahanmu sendiri.

Ayo berdamai dengan dirimu sendiri dengan berhenti menyalahkan diri. Tanamkan dalam dirimu bahwa kamu sangat beruntung putus dengannya. Dialah yang rugi karena memutuskan hubungan dengan orang seperti kamu.

Dengan begitu kamu akan memiliki semangat yang baru lagi, dan pelan-pelan akan mulai melupakan doi.

Cara Melupakan Mantan 6: Cari Kesibukan Lain

Cara melupakan mantan

pixabay.com

Cara melupakan mantan selanjutnya adalah dengan mencari kesibukan lain, yang akan memaksa dirimu untuk tidak memikirkan lagi si dia. Ketika waktumu kau habiskan untuk mengerjakan sesuatu, mau tidak mau kamu akan fokus pada apa yang kamu kerjakan. Bukan yang lain.

Namun yang perlu anda perhatikan, carilah kesibukan pada hal-hal yang positif. Agar apa yang kamu lakukan menjadi bermaanfaat, bukan malah merusak. Kamu bisa mencoba hobi baru, gabung komunitas baru, atau melakukan perjalanan untuk menemukan hal yang baru.

Tips Melupakan Mantan 7: Berhenti Mendengarkan Lagu Galau

Cara melupakan mantan

henymahendra.wordpress.com

Tips selanjutnya adalah stop dengarkan lagu galau dan sedih. Kalau perlu hapus semua list lagu galau dari hp dan laptopmu. Karena apa yang kamu dengar bisa sangat mempengaruhi suasana hati.

Lagu galau tidak cocok didengarkan ketika kamu baru saja mengalami putus cinta. Lagu galau malah akan membuat anda semakin sedih. Bukan malah melupakan mantan. Lirik-lirik yang kamu dengar seakan mewakili perasaan yang sedang kamu alami.

Solusinya, kalau kamu mau mendengarkan lagu untuk hiburan, gantilah dengan lagu-lagu ceria atau yang bisa melepaskan ekspresi lega dalam hatimu.

Tips Melupakan Mantan 8: Main bareng sahabat

Cara melupakan mantan

hipwee.com

Cara selanjutnya untuk melupakan mantan adalah dengan menghabiskan waktu bareng sahabat. Sahabat pada hakikatnya adalah lebih dari sekedar teman biasa. Sahabat seringkali ada diwaktu kalian susah maupun senang. Sahabatlah yang biasanya menjadi penemu solusi atas masalah-masalah yang kalian utarakan.

Bagi kalian yang selama berhubungan dengan doi mulai mengabaikan peran sahabat, inilah saatnya mengembalikan waktu yang terbuang selama ini. Nantinya ketika dalam jenjang pernikahan, selain keluarga, sahabat adalah orang lain yang akan kita cari ketika susah maupun senang.

Tips Melupakan Mantan 9: Jangan buru-buru cari pengganti yang baru

Jangan buru-buru mencari pengganti si doi. Nikmatilah kesendirianmu dengan sebebas-bebasnya. Banyak orang ingin segera move on dari mantan dengan segera mencari penggantinya. Tanpa disadari, dia hanya menjadikan penggantinya sebagai pelarian. Kamu gak mau kan kalau kamu yang dijadiin pelarian semata?

Kalau kamu belum merasa benar-benar move on dari pasangan kamu sebelumnya, jangan manfaatkan kasih sayang orang lain untuk sekedar menutupi apa yang sebelumnya hilang dari kamu. Karena kalau pengganti si doi benar-benar tulus mencintaimu, betapa sakitnya kalau dia tahu kalau dia hanya mendapatkan sedikit perasaanmu.

Tips Melupakan Mantan 10: Sadari Jika Sendiri Jauh Lebih Bahagia

Ini bukanlah pembelaan bagi kaum jomblo yang gak laku :p, ataupun pembelaan bagi kamu yang baru saja putus dengan mantan yang kamu anggap terindah itu. Kalau dipikir-pikir ada benarnya.

Kamu tidak perlu terlalu menyesali kehilangan mantan. Kamu seharusnya bersyukur, mungkin dia bukanlah yang terbaik untukmu. Mungkin selama menjalani hubungan, doi terlihat terbaik dimatamu. Tapi tidak menurut tuhan. Tuhan lebih tahu mana yang terbaik bagi hambanya.

Jadi berbahagialah. Stop bersedih dan mulai hidup baru dengan ceria dan menjadi produktif.

Tips Melupakan Mantan 11: Travelling

Cara melupakan mantan

hipwee.com

Siapa dari kalian yang nggak suka jalan-jalan? Pasti sebagian besar sangat senang dengan jalan-jalan. Kalian semua pasti seneng banget kalau misalnya udah capek-capek kerja, sekolah, sumpek mikirin tugas kuliah, dan akhirnya ketemu hari libur. Yeayy, waktunya travelling.

Apalagi buat kamu yang lagi patah hati, liburan ke suatu tempat bisa menjadi cara yang sangat ampuh. Tapi loh ya, jangan jalan-jalan ke tempat yang pernah kamu kunjungi bareng mantan waktu pacaran. Yang ada bukan melupakan, malah sedih karena inget-inget terus.

Travelling disini tujuanya adalah supaya merefresh otak dengan melihat suasana alam yang luar biasa indahnya. Yang jauh luar biasa jika hanya dibandingkan dengan si doi :D. Kemudian Bertemu orang-orang baru yang bisa menambah ilmu baru, dan lain-lain.

Kalau perlu agendakan beberapa hari atau bahkan minggu untuk keluar dari rumah dan mulai travelling ke tempat yang benar-benar baru. Hingga kamu mendapatkan hal yang baru yang bisa benar-benar melupakan mantan.

Tips Melupakan Mantan 12: Buang Mantan Pada Tempatnya

Cara melupakan mantan

intisari.grid.id

Letakkan mantan pada tempatnya. Mantan letaknya sudah tidak tepat lagi diletakkan dihati. Yang ada hanya menimbulkan luka, sedih, dan penyesalan. Buang jauh nama mantan sejauh-jauhnya.

Memang tidak mudah melakukannya. Karena itulah artikel ini dibuat…hehe

Cara Melupakan Mantan “TERAMPUH”: Banyak Beribadah

Cara melupakan mantan

islampos.com

Memperbanyak ibadah adalah cara yang paling ampuh untuk melupakan mantan. Ketahuilah bahwa Allah adalah sebaik-baik perencana. Allah tahu mana yang baik dan mana yang buruk bagi kamu. Bersyukurlah bahwa kamu telah dibikin putus oleh Allah. Karena pacaran merupakan cara yang tidak baik untuk mendapatkan jodoh.

Memang baiknya ibadah tidak hanya dikerjakan ketika sedang ada masalah saja. Namun jadikanlah momen patah hati ini untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah. Dengan cara memperbaiki sholat wajib. Menambah dengan yang sunnah. Dari yang sebelumnya kurang berdzikir menjadi sering berdzikir. Dan lain sebagainya.

Mulailah datang menghadiri pengajian untuk menambah ilmu agama. Karena galau yang sebenarnya adalah ketika kita tidak paham dengan agama. Tenang saja, sekarang sudah banyak pengajian-pengajian umum yang dikhususkan untuk para pemuda atau pemudi.

Jadi jangan takut untuk dikatakan kuper lah, bapak-bapaklah atau emak-emak karena masih muda udah dateng ke pengajian, atau dikata-katain yang lain. Karena mati bukan urusan muda atau tua. Tapi mendapat surga adalah tujuan kita semua.

Oh ya, jangan kaget kalau ternyata jodohmu sudah menunggu di pengajian besok…hehe

LET’S MOVE ON

Cara melupakan mantan

funbuzztime.com

Jika kalian sudah sampai di poin ini, berarti kalian sudah tahu dong apa yang harus dilakukan. Let’s move on. Silahkan dipraktekkan cara melupakan mantan di atas dengan maksimal. Supaya hidup anda lebih produktif dari pada sebelumnya.

Sekian dulu artikel kali ini. Pastikan kalian tetap kunjungi lamosea untuk mendapatkan berbagai macam hal yang menarik dan bermanfaat bagi kalian. Wassalam.

Leave a Reply

%d bloggers like this: