√ Tips: Panduan Cara Menanam Pohon Bidara Arab Yang Sangat Mudah

Setelah mengetahui beragam manfaat daun bidara untuk kesehatan dan pengobatan ruqyah, anda pasti ingin memiliki pohon sendiri di rumah. Selain dengan membeli bibitnya, anda juga bisa mencoba menanam sendiri dari biji. Disini akan kami jelaskan tentang cara menanam pohon bidara dari biji.

Sebelum kami jelaskan lebih jauh, jika anda ingin menanam dari biji, pastikan kalau anda sudah mempunyai bijinya. Kalau belum punya dan ingin membeli bisa hubungi kami di nomor whatsapp ini 08990006520.

Pentingnya Mempunyai Pohon Bidara

Pohon Bidara adalah tanaman yang bandel. Pohon yang disebut dalam Al-Quran ini bisa hidup di lingkungan dengan suhu panas dan kering. Karena memang aslinya pohon ini berasal dari Timur Tengah yang memiliki cuaca panas.

Pohon Bidara sudah mulai banyak ditanam di Indonesia karena masyarakat mulai sadar akan manfaat untuk kesehatan. Selain untuk kesehatan juga masayarakat sudah mulai melek dan memahami akan sunnah-sunnah dengan menggunakan daun bidara.

Diantara sunnah-sunnah tersebut adalah untuk pengobatan ruqyah syar’iyyah, memandikan jenazah, mandi ketika bersuci dari haid, dan lain sebagainya.

Persiapan Menanam Pohon Bidara

Untuk memperbanyak pohon bidara ada beberapa cara yang bisa digunakan, salah satunya adalah dengan cangkok dan semai dari biji.

Untuk bibit dari hasil cangkokan biasanya akan cepat sekali berbuah, karena sudah berasal dari bibit pohon dewasa. Sebaliknya, jika dari biji, untuk menunggu berbuah dibutuhkan waktu bertahun-tahun. Namun jangan khawatir, karena yang digunakan disini adalah daun bidara nya bukan buahnya.

Buah adalah bonus yang didapat ketika kita menanam pohon bidara.

Yang sangat perlu diperhatikan adalah pastikan kalau biji yang anda akan semai itu adalah biji pohon bidara arab, bukan yang lain. Karena dipasaran ada tanaman yang sangat mirip dengan pohon bidara segi bentuk daun, hingga rupa batangnya yang sama-sama mempunyai duri.

Tanaman tersebut biasa dikenal dengan Putsa atau Apel India.

Perbedaan Bidara Dengan Putsa (Apel India)

Jika kita memiliki kedua pohon bidara dan putsa akan sangat terlihat perbedaannya dilihat dari bentuk fisiknya. Namun jika anda belum mempunyai pohonnya jangan khawatir, akan kami jelaskan disini.

Dari bentuk daunnya, jika dilihat antara daun putsa dan daun bidara sangat mirip sekali. Namun jika disandingkan antara keduanya akan terlihat perbedaannya. Ukuran daun bidara lebih kecil dibandingkan putsa dan berbentuk cenderung membulat.

daun bidara arab

perbandingan daun bidara dan putsa

Dari buahnya, Putsa memiliki bentuk buah mirip apel namun dengan ukuran agak kecil. Untuk rasanya manis tanpa ada rasa asam. Sedangkan buah bidara berkuran lebih kecil lagi dan memiliki rasa yang kurang enak dibandingkan dengan putsa, yakni manis dan asam.

buah bidara

perbandingan buah bidara dan putsa

Dari durinya, kedua pohon putsa dan bidara sama-sama memiliki duri di batangnya. Pohon bidara mempunyai duri yang sangat banyak dan tajam. Hampir di semua batang dan cabang terdapat duri. Sedangkan di pohon putsa, durinya tidak sebanyak dan setajam bidara.

duri pohon bidara

perbedaan duri bidara dan putsa

Biasanya, di tempat jual bibit tanaman, pohon bidara dijadikan rootstock atau batang bawah untuk sistem sambung pucuk atau tempel mata tunas pohon putsa karena dua tanaman tersebut masih satu keluarga. Jadi nanti dalam satu pohon ada 2 pohon, bidara dan putsa.

Cara Menanam Pohon Bidara

Tiba saatnya untuk penjelasan cara menanam pohon bidara. Perhatikan dan simak masing-masing langkah untuk menananamnya.

1. Pecahkan biji bidara dari cangkang luarnya dengan menggunakan, palu, tang, atau semacamnya dengan hati-hati. Jangan sampai biji didalamnya ikut pecah dan rusak. Penampakan bijinya seperti biji semangka tapi berwarna kecoklatan.

jual benih bidara

gambar biji bidara

2. Siapakan wadah penyemaian dan tisu atau kapas. Semprot dengan air secukupnya sampai lembab.

cara menyemai biji bidara

tisu yang dibasahi supaya lembab

3. Letakkan biji satu per satu ke atas wadah penyemaian.

 

cara menyemai biji bidara

4. Sungkup wadah penyemaian 2-3 hari untuk mengeluarkan akar muda atau supaya biji bidara berkecambah.

cara menyemai biji bidara

5. Siapkan media tanam untuk biji bidara yang sudah berkecambah. Bisa menggunakan campuran antara tanah dan sekam agar membuat media porous (tidak menyimpan air).

cara menyemai biji bidara

sumber: budbreaker.com

6. Pindahkan biji bidara yang sudah berkecambah kedalam media tanam dengan hati-hati jangan sampai akar mudanya patah.

7. Siram secukupnya dan sungkup. Jangan sampai terkena matahari langsung. Setelah satu minggu biji bidara tadi insyaallah sudah mulai mengeluarkan 2-3 daun muda.

cara menanam pohon bidara

salah satu cara menyungkup tanaman (sumber: apakabartani.blogspot.com)

 

Demikianlah panduan cara menanam pohon bidara. Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini baik berupa kritik maupun saran. Apabila dirasa bermanfaat silahkan share artikel ini supaya lebih banyak lagi yang mendapatkan manfaat.

6 Comments

    • Zainudin Zidane
  1. Rhia Yunita
    • Zainudin Zidane
  2. Abdurrahman Saleh
    • Zainudin Zidane

Leave a Reply

%d bloggers like this: