Doa Memancing Ikan Paling TOP Tanpa Mantra dan Jimat Pesugihan

Doa Memancing – Tujuan utama dari memancing adalah untuk mendapatkan hasil tangkapan ikan yang banyak, baik memancing di kolam, memancing di sungai, memancing di laut, dan lain-lain. Untuk mendapatkan hasil pancingan yang terbaik, banyak upaya yang digunakan si pemancing untuk mencapai tujuan ini.

Mulai dari menyiapakan peralatan memancing, umpan memancing dengan kualitas jempolan, hingga menentukan waktu dan spot tertentu sebelum memancing.

Segala usaha diatas adalah sebagi bentuk ikhtiar yang baik untuk mendapatkan hasil pancingan sesuai dengan yang diinginkan. Yaitu mendapatkan ikan yang banyak. Namun, segala upaya tersebut tidaklah cukup.

Alangkah baiknya jika segala upaya yang akan kita kerjakan, apapun itu, dimulai dengan berdoa. Agar mendapatkan berkah dan pertolongan oleh Allah.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa doa adalah bentuk satu kesatuan yang tidak boleh ditinggalkan dalam berikhtiar untuk mencapai suatu tujuan. Berikhtiar saja tanpa berdoa sama dengan sombong karena merasa tidak perlu pertolongan dari Allah.

Begitupun sebaliknya. Hanya berdoa saja tanpa berikhtiar adalah sia-sia. Sunnatullahnya adalah kita selalu berikhtiar dengan diiringi doa. Begitupula dengan memancing. Sebelum melakukan kegiatan memancing, hendaknya diiringi dengan doa memancing.

Doa memancing sendiri sebenarnya tidak ada riwayatnya satu pun pada zaman Rasulullah hidup. Namun, secara umum terdapat doa yang dapat digunakan dalam doa memancing sebagai bentuk ikhtiar kita untuk mendapat rizki dari Allah.

Doa Memancing Ikan Dalam Al Quran

doa memancing ikan dalam al quran

sumber: pixabay.com

Dalam syariat Islam, terapat perbuatan yang merupakan bentuk ibadah dan juga ada perbuatan yang bernilai ibadah. Contohnya adalah makan. Makan adalah hal yang mubah. Ketika sebelum makan kita berdoa dan diniatkan supaya badan kita kuat dan sehat sehingga dapat bekerja dan beribadah, makan kita adalah dapat bernilai ibadah.

Dampaknya adalah, kegiatan makan kita bernilai pahala.

Begipula dengan memancing. Memancing adalah hal yang mubah. Jika sebelum memancing kita berdoa terlebih dahulu dan memancing tersebut diniatkan unutk memberi makan keluarga, maka kegiatan memancing kita akan bernilai ibadah dan mendapat pahala.

Namun sebaliknya. Jika kegiatan memancing kita adalah untuk sekedar hobi semata, menghabiskan waktu dan biaya, hingga menelantarkan keluarga, hukumnya bisa menjadi makruh sampai ke haram.

Hal ini perlu diperhatikan bagi penghobi memancing yang sedang membaca artikel ini.

Kembali ke topik doa memancing dalam Al Quran. Sebenarnya tidak ada ayat khusus yang menjelaskan tentang doa memancing yang disebutkan dalam Al Quran. Namun, bisa kalian simak sebuat ayat yang dapat menjelaskan tentang bab memancing.

 

 

doa memancing

Artinya: Dan Dialah (Allah) yang menundukkan lautan (untuk kamu), agar kamu dapat memakan dari padanya daging yang segar (ikan)… (An Nahl: 14)

Di dalam ayat yang lain disebutkan.

 

doa memancing

Artinya: Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan. (Al Maidah: 96)

Dari dua ayat diatas dapat dijelakan bahwa laut adalah salah satu tempat yang dapat digunakan untuk mendapatkan sumber makanan. Bahkan sampai bangkainya pun halal dimakan.

Perlu diketahui, bangkai dalam ajaran Islam adalah haram untuk dimakan. Sedangkan hewan laut, dalam hal ini ikan, yang menjadi bangkai mendapat pengecualian sehingga halal dimakan.

Doa Memancing Ikan Nabi Khidir

doa memancing ikan nabi khidir

sumber: nu.or.id

Doa memancing ikan Nabi Khidir merupakan salah satu doa yang paling dicari oleh para pemancing yang ingin mendapatkan tangkapan yang banyak. Bagi mereka doa ini dipercaya dapat melancarkan proses memancing dan bisa mendapatkan ikan yang banyak.

Padahal jika ditelusuri, tidak disebutkan bahwa doa tersebut merupakan doa yang digunakan oleh Nabi Khidir untuk memancing atau amalan doa yang diberikan khusus untuk memancing. Sehingga sebenarnya kurang tepat kalau doa ini dikhususkan untuk doa memancing.

Jika doa ini hanya diniatkan untuk berdoa saja karena lafadznya mengandung arti yang baik tidaklah mengapa.  Namun, jika doa ini dipercaya memiliki khasiat tertentu jika diamalkan secara khusus untuk memancing, akan sangat berbahaya bagi aqidah kita.

Secara umum, lafadz doa tidak harus menggunakan Bahasa Arab. Akan sangat merepotkan dan menyengsarakan bagi orang yang ingin berdoa tetapi tidak bisa berbahasa arab jika berdoa diwajibkan harus berbahasa Arab.

Kalian bisa menggunakan bahasa daerah masing-masing atau bahasa Indonesia sebagai lafadz berdoa sesuai keinginan masing-masing. Sebagai contoh jika kalian ingin berdoa agar mendapat ikan yang banyak adalah sebagai berikut.

Bismillahirrohmanirrohim. Ya Allah, Mudahkanlah urusanku dan berikanlah hasil tangkapan ikan yang banyak hari ini. Agar aku bisa memberi makan anak dan istriku. Aamiin

Bagi kalian yang ingin mengamalkan doa Nabi Khidir ini silahkan saja. Namun diniatkan untuk berdoa saja tanpa embel-embel yang aneh-aneh karena memang lafadznya mempunyai arti yang bagus yang tidak mengandung kesyirikan. Kalau perlu setiap hari bisa diamalkan.

Berikut ini adalah lafadz doa yang dipercaya berasal dari Nabi Khidir.

doa nabi khidir

Doa Nabi Sulaiman untuk memancing

doa nabi sulaiman untuk memancing

Selain doa Nabi Khidir, yang paling sering dicari oleh para penghobi memancing adalah doa Nabi Sulaiman. Mereka percaya kalau memancing dan membaca doa Nabi Sulaiman maka akan mendapatkan hasil tangkapan yang melimpah.

Sebenarnya secara konteks doa yang dibaca oleh nabi Sulaiman adalah meminta kekayaan kepada Allah dan dengan takdir Allah Nabi Sulaiman mendapatkannya. Didalam doa tersebut juga diiringi dengan melakukan taubat.

Jadi untuk mendapatkan rizki yang banyak dan barokah adalah dengan berdoa, bertaubat, dan berusaha bekerja maksimal dengan memperhatikan juga halal haramnya pekerjaan dan cara mendapatkannya.

Jika dimasukkan didalam konteks memancing bisa saja. Memancing adalah salah satu usaha untuk mendapatkan ikan agar dapat menghidupi keluarga tidak hanya sekedar hobi semata.

Berikut ini adalah doa Nabi sulaiman dalam surat Shad ayat 35.

doa nabi sulaiman untuk memancing

Jika kalian sudah mengamalkan doa Nabi Sulaiman, harus diiringi dengan usaha-usaha yang lainnya. Karena tak mungkin uang jatuh dari langit tanpa ada usaha. Tak mungkin pula tiba-tiba mendapat ikan yang banyak tanpa berusaha.

Disisi lain, harta kekayaan Nabi Sulaiman adalah salah satu mukjizat yang diberikan oleh Allah kepada beliau.

Baca juga: 30+ Macam-Macam Kopi Indonesia Yang Mendunia

Doa Memancing Paling Ampuh Sesuai Syariat Islam

doa memancing

sumber: pixabay.com

Hendaknya segala suatu yang kita lakukan sehari-hari didasari dengan syariat islam yang benar termasuk dalam memancing. Jika kalian ingin berdoa agar mendapatkan hasil yang terbaik, berdoalah dengan doa-doa yang tidak terlarang.

Ukuran doa yang tidak terlarang itu yang bagaimana? Yaitu doa yang tidak mengandung kesyirikan yang menyekutukan Allah.

Selain itu juga jangan sampai menggunakan jimat-jimat tertentu yang dipercaya dapat memudahkan, melancarkan rizki, dll. Karena dengan menggunakan jimat adalah salah satu bentuk kesyirikan kepada Allah.

Kita merasa tidak beruntung jika tidak menggunakan jimat. Ada perasaan tidak akan berhasil jika tidak menggunakan jimat. Hingga memiliki kepercayaan kalau kita tidak akan mendapat ikan yang banyak jika tidak menggunakan jimat mancing.

Jadi kita mau menggantungkan hidup ini dengan jimat atau kepada Allah? Silahkan direnungkan.

Yang lebih mengerikan lagi pada zaman sekarang adalah praktek jual beli jimat, termasuk jimat memancing secara khusus. Hal ini merupakan bentuk kesyirikan yang nyata. Dosa syirik sangat besar dan tidak akan diampuni oleh Allah kecuali bertaubat sebelum ajal menjemput.

Kita tidak tahu kapan ajal kita akan terjadi. Jangan sampai kita meremehkan hal yang satu ini.

Jika kalian ingin mengamalkan doa agar dimudahkan dalam memancing, berikut ini adalah doa-doa yang dapat diamalkan.

Selalu awali segala sesuatu dengan menyebut nama Allah.doa memancing

Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang

Doa Meminta Kesehatan dan Kelapangan Rizki

doa memancing

doa memancing

doa memancing

doa memancing

Silahkan diamalkan doa-doa diatas setiap hari. Secara khusus doa-doa tersebut dapat dibaca ketika kalian sedang memancing sembari menunggu umpan pancing disambar ikan-ikan.

Semoga para penghobi memancing yang membaca artikel dan mengamalkan doa ini diberikan hasil tangkapan sesuai yang diinginkan.

Tempat Memancing Yang Perlu Diwasapadai dan Dihindari

doa memancing

sumber: pixabay.com

Bagi kalian para penghobi memancing hendaklah memperhatikan hal yang satu ini supaya tidak terjerumus dalam perbuatan yang dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya.

Contoh tempat memancing yang perlu dihindari adalah tempat pemancingan ikan yang memberikan tarif tertentu untuk sekian jam berapapun ikan yang dihasilkan.

Misalnya tempat pemancingan A tarif per 2 jam adalah 50.000 rupiah. Berapapun ikan yang didapat selama 2 jam tersebut biayanya ya segitu.

Bisa jadi si pemancing rugi karena tidak mendapatkan hasil tangkapan yang diinginkan. Bisa jadi tempat pemancingan tersebut yang rugi karena hasil tangkapan pemancing nilainya lebh dari 50.000 rupiah.

Yang seperti ini adalah bentuk ghoror karena objek jual beli tidak jelas meskipun diatara keduanya sama-sama saling legowo.

Ghoror aalah jual beli yang dilarang. Untuk menghindari ghoror dalam tempat pemancingan, solusinya adalah hasil pancingan ditimbang dan harga yang dibayar sesuai dengan hasil tersebut.

 

 

 

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: