30+ Macam Macam Kopi Indonesia Yang Mendunia

Macam Macam Kopi – Sahabat lamosea, kopi adalah sebuah minuman yang berasal dari biji kopi yang ditumbuk halus. Kopi menjadi salah satu komoditas yang dikembangkan dan dibudidayakan di 50 negara di dunia.

Indonesia dikaruniai letak geografis yang sangat strategis sehingga membuat Indonesia memiliki tanah yang sangat subur. Salah satu komoditas pertanian yang bisa dikembangkan adalah kopi. Mulai dari ujung barat hingga ujung Timur Indonesia memiliki kopi khas daerah masing-masing.

Indonesia menjadi produsen penghasil kopi terbesar ke empat dunia setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia. Namun dari segi kualitas, kopi Indonesia merupakan yang terbaik di dunia.

Kopi tercatat pertama kali dikenal sejak abad ke 9 utamanya di daerah Ethiopia. Kemudian kopi mulai disebarkan oleh bangsa Arab yang gemar berdagang hingga ke daerah Afrika Utara. Nah dari sinilah kopi mulai menyebar hingga Asia dan Eropa.

macam macam kopi

peta penyebaran kopi (jurnalbumi.com)

Jenis Jenis Kopi

Cita rasa kopi yang sebenarnya sangat kaya dan kompleks yang ditentukan berdasarkan banyak hal. Mulai dari varietasnya, lokasi penanaman, serta cara pengolahan biji kopinya. Jadi anggapan yang salah bagi kalian yang masih menganggap kopi itu yang penting sekedar pahit.

Berikut ini beberapa varietas kopi yang terdiri dari Arabika, Robusta, Liberika, dan Excelsa.

Kopi Arabika

macam macam kopi

gambar kopi arabika (lifestyle.okezone.com)

Kopi Arabika memiliki biji yang lebih panjang dari pada yang lain. Arabika tercatat mengandung kafein yang lebih rendah, yaitu antara 0,8 sampai 1,4 %. Hal itu menyababkan kopi Arabika memiliki rasa yang tidak terlalu pahit, namun memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.

Kopi Arabika adalah kopi yang baik jika ditanam pada dataran tinggi, yaitu sekitar 1000-2000 mdpl. Dan memiliki suhu lingkungan berkisar antara 14-24 derajat celcius.

Selain harus ditanam di dataran tinggi, kopi jenis ini membutuhkan perawatan ekstra karena rentan terkena hama karat daun. Keistimewaan lainnya adalah kopi ini memiliki aroma buah, bunga, dan kacang-kacangan. Beberapa hal diatas yang menyebabkan kopi Arabika memiliki harga yang lebih mahal.

Beberapa jenis kopi Arabika khas Indonesia contohnya adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, Bali, Flores, dan masih banyak lagi.

Kopi Robusta

macam macam kopi

kopi robusta dan kopi arabika (kopidewa.com)

Kopi Robusta adalah kebalikan dari kopi Arabika. Kopi jenis ini memiiki biji kopi yang lebih bulat dan lebih besar. Kopi ini bisa ditanam pada ketinggian dibawah 1000 mdpl dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat celcius.

Kafein yang terkandung yaitu sebesar 1,7-4 % yang mengakibatkan rasa lebih pahit dengan tingkat keasaman rendah.

Harga kopi Robusta lebih rendah dari pada Arabika. Salah satu faktornya adalah karena cita rasa yang dimiliki cenderung sama, tidak seperti kopi Arabika yang bermacam-macam tergantung tempat dan tanaman yang berada disekitarnya.

Kopi Robusta dalam setahun bisa panen sebanyak tiga kali karena ditanam pada suhu rendah. Berkebalikan dengan kopi Arabika sehingga hasil panen kopi Robusta lebih banyak.

Kopi jenis Robusta banyak digunakan sebagai bahan baku kopi “sachet”. Selain itu juga biasa digunakan untuk membuat kopi yang berbasis susu seperti cafel latte, Machiatto, dan cappuccino. Beberapa daerah di Indonesia yang membudidayakan kopi Robusta diantaranya adalah Lampung, Jawa, dan Nusa Tenggara.

Kopi Liberika

macam macam kopi

kopi liberika (sains.kompas.com)

Kopi Liberika adalah kopi yang berasal dari Liberia. Selain di Liberia, kopi ini juga banyak ditemukan tumbuh liar di banyak daerah Afrika lainnya.

Kopi Liberika pertama kali dibawa ke Indonesia oleh penjajah Belanda pada sekitar abad ke 19. Pada awalnya kopi ini sengaja didatangkan untuk menggantikan kopi Arabika yang sangat rentan pada hama karat daun. Namun pada perkembangnnya ternyata kopi Liberika juga mudah terkena karat daun meskipun tidak semudah kopi Arabika.

Nah, pada momen inilah kopi robusta kemudian masuk ke Indonesia.

Biji kopi Liberika memiliki ukuran yang paling besar diantara jenis kopi lainnya. Kelemahannya adalah meskipun buahnya besar, berat buah keringnya adalah hanya 10% dari bobot basahnya.

Hal ini yang menyebabkan para petani kopi enggan membudidayakan kopi Liberika karena ongkos panen relatif lebih mahal. Di Indonesia, kopi Liberika dibudidayakan di wilayah Jambi dan Bengkulu.

Kopi Excelsa

macam macam kopi

kopi excelsa (kopiungaran.weebly.com)

Kopi Excelsa ditemukan pertama kali di sekitar aliran sungai Chari didaerah sekitar danau Chad, Afrika Barat , oleh seorang botanis bernama August Chevalier.

Awalnya kopi ini disebut sebagai Coffea Excelsa. Kemudian pada perkembangannya, kopi ini digolongkan dalam spesies kopi Liberika. Hingga saat ini masalah penamaan kopi Excelsa masih banyak diperdebatkan, sehingga muncul banyak nama sinonim.

Di Indonesia, kopi Excelsa dibudidayakan dengan sangat terbatas. Kopi jenis ini dapat ditemukan di Jambi dan Kepulauan Riau.

Baca juga: 20+ Manfaat Daun Bidara Yang Dahsyat Untuk Kesehatan

Macam Macam Kopi Indonesia Yang Mendunia

Mayoritas jenis kopi yang dikembangkan di Indonesia adalah jenis kopi Arabika dan Robusta. Berikut ini macam-macam kopi yang dibudidayakan di Indoneisa.

1. Kopi Gayo

macam macam kopi

gambar kopi gayo (lintasgayo.com)

Kopi Gayo adalah kopi yang berasal dari dataran tinggi Aceh. Daerah utama penghasil kopi Gayo adalah kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah, dan juga Gayo Lues.

Kopi Gayo sangat terkenal hingga luar negeri, baik di Asia, Amerika, hingga Eropa.

Salah satu ciri khas kopi Gayo adalah rasa yang tidak konsisten tergantung tempat dimana kopi itu ditanam. Secara umum, kopi Arabika yang ditanam di bawah ketinggian 1200 mdpl cenderung menghasilkan kualitas yang kurang bagus.

Sedangkan kopi Arabika yang ditanam di atas 1200 mdpl menghasilkan biji kopi berkualitas baik dan menghasilkan cita rasa yang lebih kompleks.

2. Kopi Sidikalang

macam macam kopi

kopi sidikalang (bisnisukm.com)

Kopi Sidikalang adalah salah satu kopi terbaik dari Sumatera. Kopi Sidikalang berasal dari kopi Robusta yang memiliki aroma dan cita rasa yang khas.

Kopi Sidikalang memiliki rasa pahit mirip cokelat dan sedikit manis, namun wang ayng dihasilkan tidak terlalu tajam. Selain itu, tingkat keasaman yang dimiliki tergolong rendah, sehingga cocok bagi penikmat kopi yang memiliki masalah lambung.

3. Kopi Mandailing

macam macam kopi

kopi mandailing (kaltim.tribunnews.com)

Selain kopi Sidikalang, Sumatera Utara juga juga memiliki kopi terbaik lainnya, yaitu Kopi Mandheling atau Mandailing. Kopi Mandailing berasal dari kopi jenis Arabika yang ditanam di daerah pegunungan Mandailing.

Kopi ini memiliki cita rasa yang kompleks dan kuat, tingkat keasaman sedang dengan after taste yang cukup panjang.

4. Kopi Flores

macam macam kopi

kopi flores bajaa (ulinulin.com)

Kopi Flores adalah kopi Arabika yang sudah dibudidayakan turun temurun di Ngada, Nusa Tenggara Timur. Secara spesifik, kopi ini ditanam di sebuah dataran tinggi di kecamatan Bajawa. Di Bajawa, hampir seluruh penduduknya menanam kopi.

Hal itu didukung oleh letak geografis Bajawa yang berada disekitar 1000-1500 mdpl dengan suhuh rata-rata 15-25 derajat celcius.

Selain di Bajawa, penghasil kopi flores yang adalah adalah di daerah Manggarai sehingga lazim disebut dengan kopi Flores Manggarai.

5. Kopi Merapi

macam macam kopi

warung kopi merapi (visitingjogja.com)

Kopi Merapi adalah kopi yang berasal dari tanaman kopi yang dibudidayakan di tanah vulkanik lereng gunung Merapi. Kopi yang ditanam di lereng gunung Merapi berupa 300 hektar Robusta dan 50 hektar Arabika.

Sebelum terjadi erupsi besar tahun 2010, lahan perkebunan lereng gunung Merapi mencapai 500 hektar.

Di daerah lereng gunung Merapi terdapat sebuah warung yang menyediakan kopi Merapi. Kedai kopi yang awalnya bernama kopi Petung ini kemudian lebih populer dengan nama kopi Merapi. Menurut info, dalam satu bulan kedai kopi Merapi bisa dikunjungi hingga 10 ribu orang.

6. Kopi Pinogu

macam macam kopi

kopi pinogu (youtube: mimoza tv)

Kopi Pinogu adalah kopi yang berasal dari kecamatan Pinogu yang terletak di dalam kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW), perbatasan antara Gorontalo dengan Sulawesi Utara.

Untuk mengasilkan kopi Pinogu tidaklah mudah, membutuhkan proses yang sangat panjang. Setelah kopi di panen, karung-karung yang penuh dengan kopi kemudian dipikul menuju ke desa pinggiran hutan sebelum dibawa ke tempat pengolahan kopi.

Kopi Pinogu merupakan salah satu kopi Indonesia yang mendapatkan predikat kopi organik grade A. Kopi Pinogu yang beredar saat ini merupakan kemasan produksi pemerintah Bone Bolango yang merupakan campuran dari kopi Robusta dan Liberika.

7. Kopi Malinau

Selain Sumatera yang kopinya sangat terkenal, Kalimantan juga tidak mau kalah. Di Malinau, Kalimantan Utara terdapat kopi yang biasa disebut dengan kopi hutan oleh masyarakat dayak setempat.

Pada dasarnya Kalimantan memanglah bukan daerah penghasil kopi. Kopi Malinau biasa disajikan oleh masyarakat suku Dayak Kenyah di hutan Taneg Olen untuk menyambut tamu. Di tempat tersebut haram hukumnya untuk menolak hidangan kopi.

Jadi suka atau tidak suka bagi kalian yang bertamu harus mencicipi kopi hutan khas Malinau. Namun setelah diminum, anda akan merasakan gurihnya dengan rasa yang tajam dan manis di akhir tegukannya.

8. Kopi Sipirok

macam macam kopi

kopi sipirok (travel.kompas.com)

Kopi Sipirok merupakan kopi Arabika yang ditanam di sebuah kecamatan bernama Sipirok, Tapanuli Selatan. Wilayah Tapanuli sendiri merupakan derah dataran tinggi yang cocok untuk menghasilkan kopi Arabika berkualitas.

Menurut info, pada zaman penjajahan Belanda dahulu perkebunan kopi Sipirok merupakan perluasan perkebunan kopi di Mandailing yang berdekatan. Yang perlu anda ketahui bahwa kopi SIpirok juga sudah menembus pasar Internasional sebagaimana Kopi Mandailing.

9. Kopi Priangan atau Kopi Preanger

macam macam kopi

kopi java preanger (jabar.tribunnews.com)

Kopi Priangan pada awalnya berasal dari proyek penjajah Belanda untuk semekin memperkuat pasar perdagangan mereka. Komoditas kopi merupakan sumber penghasilan utama Belanda pada waktu itu.

Bibit kopi Priangan adalah biji kopi Arabika yang dibawa dari daerah India Selatan dan dikembangkan di kawasan Priangan. Pada awalnya bibit kopi ditanam di kawasan pegunungan Malabar, jawa Barat.

Pada tahun 1706, kopi Priangan pernah dibawa ke Belanda dan diteliti dari segi kualitas serta cita rasanya. Hasilnya diluar diguaan, kopi Priangan ternyata mempunyai kualitas di atas rata-rata. Kawasan perkebunan kopi Priangan tercatat sebagai perkebunan kopi tertua ke dua di dunia.

Di dunia internasional, kopi Priangan lebih dikenal dengan nama Kopi Java Preanger dengan slogan keren “A Cup of java”.

10. Kopi Amungme

macam macam kopi

kopi amungme (klinikkopi.com)

Kopi Amungme ada kopi Arabika yang ditanam oleh suku Amungme di Papua. Para suku Amungme yang membudidayakan kopi atas program CSR PT. Freeport melalui program HAD, yaitu Highland Agriculture Development.

Kemudian pihak CSR memprakarsai pembentukan koperasi bagi para petani kopi dengan merk dagang Amungme Gold. Kesohoran kopi Amungme membuat kopi ini mulai banyak diburu oleh pecinta kopi.

Hingga salah satu perusahaan franchise kopi berminat untuk meminta stok kopi Amungme.

Sayangnya, permintaan pasar masih belum banyak terserap karena terbatasnya kopi yang ada di koperasi. Hal itu dikarenakan susahnya proses transportasi biji kopi yang berasal dari pegunungan, sehingga membutuhkan helikopter untukmengangkutnya.

11. Kopi Lahat

macam macam kopi

kopi lahat (bukalapak.com)

Kopi menjadi salah satu produk pertanian unggulan yang berada di kota Lahat , Sumatera Selatan. Tanaman kopi bisa anda temukan di hampir semua kecamatan yang ada di Lahat.

 Luas lahan dan produksi kopi Lahat diatas kertas merupakan terbesar di Sumatera Selatan.

Kopi Lahat bisa menjadi alternative bagi anda penikmat kopi atau yang inign mencicipi kopi namun mempunyai masalah lambung. Kopi ini lembut dan sangat nyaman bagi tenggorokan dan lambung anda.

12. Kopi Lintong

macam macam kopi

kopi lintong (bukalapak.com)

Kopi Lintong merupakan salah satu dari tiga primadona kopi yang berasal Sumatera Utara, yaitu kopi Mandheling dan kopi Sidikalang.

Kopi Lintong pada awalnya ditanaman di perbukitan Danau Toba pada sekitar tahun 1888. Bagi anda yang bepergian ke Danau Toba, belum lengkap rasanya kalau anda belum mencicipi kopo ini.

Selain bisa ditemui di kedai-kedai kopi Danau Toba, anda juga bisa membawa pulang sebagai oleh-oleh keluarga atau teman.

13. Kopi Luwak

macam macam kopi

kopi luwak (nu.or.id)

Kopi Luwak adalah kopi yang berasal dari kotoran luwak atau Musang. Luwak suka memakan buah-buahan dan biji-bijian, salah satunya buah kopi. Ketika memakan buah kopi, biji kopinya keluar bersama feses luwak karena sistem pencernaan luwak tidak bisa memproses biji kopi.

Sejarah pemanfaatan kopi yang berasal dari feses luwak adalah sudah sejak dulu ketika zaman penjajah berkuasa. Para penduduk yang dipaksa bekerja di perkebunan kopi sama sekali tidak boleh memetik kopi yang mereka tanam dan rawat.

Karena para pekerja inign mencoba menikmati minuman kopi, akhirnya mereka mencari-cari kopi yang tercecer dan ditemukanlah biji kopi yang berasal dari feses luwak.

Diluar dugaan, kopi luwak mempunyai rasa yang sangat istimewa dan berbeda dari kopi pada umumnya. Salah satu faktonya dikarenakan luwak memilih buah-buahan yang benar-benar masak dan berkualitas. Jadi buah kopi yang di makan merupakan buah kopi yang berkualitas.

Saat ini, kopi Luwak menjadi kopi termahal di dunia. Karena untuk memproduksi kopinya membutuhkan proses yang tidak mudah dan juga langka.

14. Kopi Temanggung

macam macam kopi

kopi temanggung (temanggungan.com)

Sesuai dengan namanya, Kopi Temanggung berasal dari Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Kopi yang berasal dari Temanggung ini juga sudah menembus pasar luar negeri. Kopi ini memiliki ciri khas dan cita rasa yang berbeda dari kopi dari daerah lain.

Di dataran tinggi Temanggung banyak ditanami kopi jenis Arabika dan Robusta. Populasi kopi Robusta jauh lebih banyak disbanding dengan kopi Arabika.

Kopi Arabika sejauh ini hanya dijadikan sebagai pagar tanaman tembakau yang menjadi salah satu komoditi unggulan Temanggung juga. Sedangkan kopi Robusta jumlahnya jauh lebih banyak yang ditanam di dataran yang lebih rendah.

Kopi Robusta Temanggung memiliki aroma lebih harum dibandingkan dengan dari daerah yang lain. Begitu juga kopi Arabika, tanaman tembakau yang berada disekitar kopi mengakibatkan cita rasa kopi yang memiliki rasa tembakau ketika diminum.

15. Kopi Besemah

Kopi Besemah berasal dari kawasan lereng Gunung dempo, Pagalaram, Sumatera Selatan. Kopi ini menjadi favorit bagi masyarakat sekitar. Ciri khas kopi Robusta Besemah ini memiliki rasa gurih, pahit, dan asam yang pas.

Bagi masyarakat Pagalaram, kopi Besemah dipercaya memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Manfaat-manfaat tersebut diantaranya untukmenambah semangat kerja, menahan rasa lapar, dan dapat menyegarkan badan.

16. Kopi Dampit

macam macam kopi

kopi dampit (lintaskopi.com)

Kopi Dampit adalah kopi jenis Robusta yang sudah diakui kualitasnya. Mungkin masih banyak dari anda yang belum mendengar kehebatan kopi ini. Memang dari segi branding kopi Dampit masih kurang, namun dari segi kualitas siap diadu.

Dampit merupakan sebuah kecamatan yang berada di kawasan Malang Selatan. Kawasan ini terletak di kaki gunung Semeru yang terletak kurang lebih diatas 800 mdpl. Perkebunan kopi di kawasan ini mencapai 2500 hektar yang jika di rata2 memiliki total sekitar 3 juta pohon kopi.

Sebenarnya kopi Dampit tidak hanya berasal dari kawasan Dampit saja, namun juga dari daerah sekitarnya. Kopi ini memiliki nama lain kopi Amstirdam yang merupakan kepanjangan dari nama wilayah penghasil kopi, yaitu Ampelgading, Sumbermanjing, Tirtoyudo, dan Dampit.

90% produksi kopi Amstirdam diekspor ke luar negeri.

Rasa kopi Robusta Dampit memiliki ke khas an tersendiri seperti wangi Karamel dan manis seperti roti yang fresh from the oven. Kopi ini kental dan mengandung tingkat keasaman rendah dengan sensasi aroma Karamel seperti yang telah dijelaskan.

Baca juga: Manfaat Daun Sirih Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

17. Kopi Lombok

Lombok memiliki tiga jenis kopi yang terkenal, yaitu kopi Lombok Sembalun Sajang, kopi Lombok Utara, dan kopi Kopang. Dari ketiga jenis kopi tersebut kopi Sembalun menjadi salah satu yang terkenal dari pada yang lain.

Kopi Lombok secara umum memiliki rasa pahit. Namun, dibandingkan dengan kopi hitam dari daerah lain, kopi Lombok dirasa lebih ringan. Jadi anda tidak perlu khawatir unutk mencobanya.

18. Kopi Sasak Liseng

macam macam kopi

kopi sasak liseng (lintaskopi.com)

Selain wisata alamnya, Lombok ternyata memiliki kopi khas seperti di daerah Indonesia lainnya. Kopi Sasak Liseng berasal dari Lombok Timur. Salah satu yang terkenal adalah desa Kerumut sebagai penghasil kopi ini.

Kopi Sasak Liseng dibuat dengan cara yang sangat tradisional, mulai dari pemilihan biji premium hingga proses pembuatannya.

19. Kopi Solok Selatan

Sumatera memiliki banyak sekali varian kopi yang telah dikenal luas hingg ake mancanegara. Salah satu yang masih belum seterkenal kopi Sumatera lainnya adlah kopi Solok Selatan. Sesuai dengan namanya, kopi ini berasal dari daerah Solok Selatan.

Kopi yang ditanam di Solok Selatan tidak hanya satu saja, melainkan banyak. Namun jenis kopi Robusta dan Arabika menjadi kopi yang paling banyak ditanam oleh masyarakat Solok Selatan. Kopi jenis laiinya hanya ditanamn dalam jumlah yang sangat terbatas.

20. Kopi Wamena

macam macam kopi

kopi wamena (rumahmesin.com)

Kopi Wamena ditanam di pegunungan Jayawjaya, Wamena, Papua dengan ketinggian sekitar 1600 mdpl. Kopi Arabika Wamena dikenal sebagai kopi organik karena tidak tersentuh bahan kimia sama sekali ditambah dengan pengolahan yang masih sangat tradisional.

Kopi ini memiliki kadar keasaman yang rendah yang aman diminum bagi penderita penyakit lambung. Selain itu aroma khas kopi yang harum berpadu aroma rempah akan membuat nikmat peminumnya.

21. Kopi Java Ijen-Raung

macam macam kopi

kopi java ijen (teropongsenayan.com)

Kopi Java Ijen berasal dari salah satu kaki gunung Ijen yang berada di Bondowoso. KopArabika i ini memiliki khas cita rasa perpaduan antara spicy (agak pedas), agak asam, dan sedikit aroma jahe.

Di Bondowoso, sekarang sudah mulai menjamur kedai-kedai khusus kopi. Seiring semakin meningkatnya tren minum kopi, ditambah pada tahun 2016 kota ini telah ditetapkan sebagai Republik Kopi.

22. Kopi Kintamani

macam macam kopi

kopi kintamani (kopifactory.com)

Kopi Arabika Kintamani ditanam di dataran tinggi Kintamani, Bali, dengan ketinggian derah sekitar 900 mdpl. Pohon kopi di Kintamani ditanam beriringan dengan tanaman lain dan dikelola secara organik.

Kopi Bali Kintamani memiliki cita rasa yang khas. Yaitu tingkat keasaman yang rendah, body sedang, dengan rasa jeruk yang dominan. Yang menambah kenikmatan kopi Kintamani adalah rasanya yang tidak terlalu pahit dan tidak terlalu sepat.

23. Kopi Lampung

macam macam kopi

kopi lampung (bukalapak.com)

Kopi Lampung merupakan kopi Robusta yang ditanam di dataran tinggi Lampung yang meliputi Lampung Tengah, Lampung Barat, dan Tanggamus.

Kopi Robusta Lampung memiliki ciri khas tekstur yang lembut, rasa yang pahit, dan juga mengandung kafein yang sangat tinggi. Kalau anda sedang berjalan-jalan atau berdinas ke Lampung, wajib mencoba kopi ini.

24. Kopi Garut

macam macam kopi

kopi garut (youtube: kontantv)

Beberapa tahun yang lalu kopi Garut mungkin hanya kopi biasa yang hanya diminum oleh warga sekitar. Namun sekarang sudah mulai merambah dunia internasional. Karena kualitasnya sudah bisa menembus speciality grade.

Kopi Garut menjadi tren baru dan dicari kalangan penikmat kopi dunia.

Kopi garut adalah kopi yang berasal dari jenis kopi Arabika yang memang sangat cocok ditanam di wilayah pegunungan Garut. Mulai tahun 2014, kopi Garut sudah mulai dikenal, baik pasar nasional maupun pasar internasional.

Kopi Arabika yang ditanam di Garut memiliki cita rasa yang tinggi yang tidak kalah dengan jenis-jenis kopi Arabika yang sudah terkenal sebelumnya seperti kopi Gayo maupun yang lainnya.

25. Kopi Lanang

macam macam kopi

kopi lanang atau peaberry (regional.kompas.com)

Kopi Lanang adalah biji kopi yang utuh tidak seperti biji kopi pada umumnya yang terbelah dua. Dengan kata lain, biji kopi lanang ada karena kelainan. Namun bukan berarti karena kelainan ini jadi tidak layak konsumsi. Kelainan tersebut malah menjadi sebuah keistimewaan tersendiri untuk dinikmati.

Kopi jenis ini dihasilkan dari berbagai jenis kopi. Misalnya, dari satu kilo kopi biasanya terdapat kopi lanang paling banyak hanya setengah ons saja.

Karena kelangkaannnya dan proses penyortiran yang rumit menjadikan kopi ini tergolong mahal. Selain itu, kopi lanang dipercaya memiliki khasiat untuk meningkatkan vitalitas dan stamina pria.

Harga kopi lanang tergantung bahan dasar jenis kopinya. Harga kopi lanang Arabika akan berbeda dengan kopi lanang yang berasal dari Robusta. Bahkan bisa menajdi lebih mahal berkali-kali lipat jika kopi lanang berasal dari kopi luwak.

Baca juga: Dahsyatnya Manfaat Daun Afrika

26. Kopi Anggur

Kopi Anggur atau Wine Coffee yang dibahas disini adalah kopi yang berasal dari Jember, Jawa Timur. Pada umumnya kopi anggur atau kopi yang beraroma anggur berasal dari kopi jenis Arabika.

Yang membedakan kopi Anggur Jember adalah jenis kopi yang digunakan adalah berasal dari biji kopi Liberika yang banyak terdapat di Jember.  Kopi yang dianggap kelas tiga, kurang laku di pasaran, dan berharga murah.

Meskipun terbuat dari jenis kopi yang dianggap murahan, namun aroma dan rasa yang dihasilkan tak mau kalah dengan yang lain dan membuat ketagihan.

Harga satu kilogram kopi Anggur Jember mencapai 1,5 juta rupiah. Harga yang terbilang fantastis untuk kopi jenis Liberika.

Proses pembuatan kopi Anggur Jember menggunakan teknik fermentasi untuk menghasilkan aroma anggur. Biji kopi Liberika yang digunakan adalah biji kopi yang berwarna merah atau masak pohon karena mengandung lebih banyak senyawa organik pembentuk cita rasa kopi.

Sebelum difermentasi, biji kopi harus dicuci bersih agar tidak terkontaminasi bakteri lalu dijemur untuk mengurangi jumlah kadar air. Selanjutnya biji kopi kemudian diperam dengan cara dimasukkan ke dalam kantong plastik selama 30-35 hari.

Setelah 30-35 hari, kopi kemudian dijemur kembali untuk memunculkan aroma anggur. Rasa yang dihasilkan tidak terlalu pahit dan sedikit asam. Cocok dinikmati tanpa gula.

Kopi Anggur Jember diklaim baik untuk kesehatan karena mengandung senyawa yang dapat mengubah lemak jenuh menjadi lemak tak jenuh dalam tubuh.

27. Kopi Manggar

macam macam kopi

kopi manggar (blog.gogonesia.com)

Kopi Manggar adalah kopi racikan yang berasal dari biji kopi Robusta yang didangkan dari Lampung. Nah kopi yang didatangkan dari Lampung ini kemudian di proses sendiri oleh masing-masing warung dengan bumbu rahasia masing-masing. Manggar merupakan sebuah kecamatan sekaligus ibu kota Belitung Timur.

Kondisi tanah yang tidak mendukung membuat Manggar tidak memiliki kopi asli daerah. Namun, Manggar memiliki julukan kota 1001 warung kopi, karena terdapat banyak sekali warung kopi yang ada.

Ada yang unik dalam proses pembuatan kopi Manggar. Kopi dibuat dengan cara disaring dalam saringan berbentuk kaos kaki. Awalnya saringan yang berisi kopi ditaruh didalam wadah ceret kemudian dituang air panas secukupnya.

Setelah itu, kopi diaduk dari dalam saringan. Air kopi yang ada dalam ceret tersebut kemudian dipindahkan ke ceret yang lainnya untuk disaring lagi. Proses tersebut dilakukan kurang lebih sebanyak tiga kali.

Hal ini dilakukan agar kopi yang dihasilkan tidak terlalu kental. Orang Manggar menyebut kopi ini dengan kopi O. Kalau anda kebetulan berwisata ke Belitung jangan lupa untuk coba mencicipi kopi khas Manggar ini.

28. Kopi Joss

macam macam kopi

kopi joss (tanahnusantara.com)

Kopi Joss adalah racikan kopi yang berasal dari Jogjakarta. Kopi yang digunakan biasanya didatangkan langsung dari Klaten. Nama joss berasal dari suara yang dihasilkan ketika arang yang panas merah menyala dicelupkan ke dalam kopi yang ada di dalam gelas.

Banyak yang menyangsikan tentang keamanan meminum kopi joss karena campuran arang tadi. Namun, perlu anda ketahui bahwa arang yang telah dibakar hingga mencapai suhu 2500 celcius akan merubah arang menjadi karbon aktif.

Nah, karbon aktif disini memiliki fungsi sebagai pengikat polutan dan racun yang berada di dalam tubuh. Karbon aktif selama ini sudah dikenal sebagai obat ampuh anti racun.

Sebagaimana yang telah dilakukan di Amerika, arang atau karbon aktif digunakan sebagai campuran obat anti racun dalam bentuk obat apapun.

29. Kopi Rarobang

macam macam kopi

kopi rarobang (goodnewsfromindonesia.id)

Kopi Rarobang adalah kopi racikan khas Maluku yang berupa kopi Arabika dicampur dengan rempah-rempah khas Ambon. Rempah-rempah yang digunakan adalah seperti jahe, cengkeh, kayu manis, sereh, dan yang tidak boleh ketinggalan adalah kenari.

Aroma kopi yang bercampur dengan rempah-rempah inilah yang menjadi ke khas an kopi Rarobang. Sayangnya, karena kopi ini merupakan kopi racikan, jadi untuk menikmatinya untuk sementara harus ke tempatnya secara langsung.

30. Kopi Khotok

macam macam kopi

gambar kopi kothok (lintaskopi.com)

Kopi Khotok meruppakan kopi khas Bojonegoro-Cepu. Yang membedakan kopi Khotok dengan kopi yang lainnya terletak pada cara apembuatannya.

Cara membuat kopi Kothok adalah dengan cara membuatnya. Kalau cara membuat kopi pada umumnya kopi diletakkan dulu di gelas lalu dituang air panas, kalau kopi kothok kopi langsung direbus diatas panci yang masih berada di kompor.

Cara membuat kopi seperti ini dangap dapat membuat aroma kopi akan keluar secara maksimal.

Agar bertambah nikmat, kopi Khotok biasanya ditambahkan dengan jahe. jahe yang digunakan adalah jahe emprit yang lebih pedas, sehingga membuat rasa kopi lebih menggelegar.

Untuk menikmati kopi ini, anda tidak perlu pusing. Kalau anda sedang berkunjung ke Bojonegoro atau Cepu kopi Khotok bisa ditemukan di kedai-kedai kopi pinggir jalan.

31. Kopi Indonesia Lainnya

30 macam macam kopi diatas adalah hanya sebagian kecil dari berbagai macam kopi asli yang dibudidayakan diberbagai daerah Indonesia. Masih banyak jenis jenis kopi yang tidak bisa disebutkan disini.

Jika kita lihat, semua jenis kopi yang berasal dari daerah masing-masing akan dikatakan kopi terbaik.

Namun, secara umum bisa dikatakan bahwa kopi Indonesia memang masuk jajaran kopi terbaik di dunia, bahkan beberapa berpredikat yang terbaik di dunia. Ditambah lagi, predikat kopi termahal adalah juga berasal dari Indonesia.

Nah, bagi anda para pecinta kopi atau orang yang ingin mencicipi kopi setelah membaca ulasan ini, silahkan memilih kopi yang cocok di lidah dan badan. Kita patut berbagga karena Indonesia memiliki macam macam jenis kopi.

Ada pepatah latin mengatakan bahwa “De gustibus non est disputandum”. Kalau diartikan secara bebas adalah “Selera bukanlah hal yang perlu diperdebatkan”. Sekian ulasan dari kami dan terima kasih. SALAM KENTAL

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: