Dahsyatnya Manfaat Daun Afrika {Penawar Penyakit HIV/AIDS}

Manfaat Daun Afrika – Daun afrika yang memiliki nama latin vernonia amygdalina ini telah dibuktikan oleh penelitian dalam maupun luar negeri sebagai tanaman obat. Tanaman ini diduga berasal dari daerah Afrika Barat namun sekarang dapat ditemukan di seluruh bagian Afrika .

Daun afrika merupakan tanaman tropis yang banyak memiliki manfaat yang menarik. Tanaman ini tidak beracun sehingga aman dikonsumsi dan berpotensi sebagai tanaman penyembuh berbagai penyakit kedepannya.

Dalam Bahasa Inggris, daun afrika disebut sebagai bitter leaf dikarenakan rasanya yang pahit. Di Afrika daun ini bisanya digunakan sebagai campuran sup maupun masakan utama sebagai budaya asli masyarakat setempat.

Karakter pohon afrika

Pohon afrika bisa tumbuh antara 1 sampai 5 meter. Pohon afrika sangat mudah sekali tumbuh di iklim tropis, khususnya di Indonesia.  Cara pengembang biaknnya sangatlah mudah. Anda cukup menancapkan batang ke tanah sebagaimana cara menanam singkong.

Daun afrika berbentuk oval dengan ujung dan pangkal daun yang meruncing. Permukaan daunnya berambut halus. Umumnya daun afrika berukuran panjang 15 cm dengan lebar antara 5-8 cm.

Kandungan daun afrika

Menurut hasil penelitian, daun afrika banyak mengandung nutrisi dan senyawa kimia. Nutrisi yang terkandung diantaranya adalah: Protein, serat, karbohidrat, lemak, asam, fosfor, kalium, sulfur, natrium, dan lain-lain.

Sedangkan senyawa kimia yang terkandung adalah: saponin, flavonoid, koumarin, asam fenolat, lignin, dan lain-lain.

Manfaat daun afrika

Daun yang dianggap dapat menyembuhkan 101 penyakit ini mengandung kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh seperti vitamin, asam fenolat, asam lemak, zat anti oksidan, zat anti inflamasi, dan lain-lain. Sehingga tanaman ini memiliki banyak manfaat bagi manusia sebagai herbal kesehatan maupun pengobatan.

Berikut ini adalah manfaat-manfaat daun afrika yang harus kamu ketahui.

Mengobati diabetes

manfaat daun afrika

www.doctoroncall.com.my

Diabetes adalah salah satu penyakit yang menjadi momok menakutkan dewasa ini . Pasalnya ia tidak hanya menyerang para usia tua, namun juga bisa menyerang kalangan muda.

Banyak orang mengatakan bahwa daun afrika dapat membantu dalam penyembuhan penyakit yang sering disebut dengan penyakit gula ini. Faktanya daun afrika tidak hanya mengurangi tingkat gula darah secara signifikan, namun juga membantu memperbaiki pankreas.

Menurut sumber di Medical Journal of Islamic World Academy of Sciences, dijelaskan bahwa dengan pemberian air daun afrika dengan perbandingan 500 mg per kg berat badan anda akan menurunkan kadar gula darah secara signifikan.

Peneliti dari University of Jos, Nigeria menerbitkan sebuah jurnal tentang daun afrika. Peneltian tersebut  intinya adalah sebuah hasil percobaan pemberian ekstrak daun afrika pada tikus yang telah dijangkiti diabetes mellitus.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa ekstrak daun afrika dapat mengatasi penyakit tersebut karena memiliki efek anti diabetes.

Mencegah penyakit jantung dan stroke

Manfaat daun afrika

apaperbedaan.com

Terjadinya penumpukan kolesterol dan zat-zat lain yang biasa disebut plak dalam tubuh dapat membuat arteri tersumbat karena terjadi penyempitan. Karena tersumbatnya arteri tersebut menyebabkan pengerasan pembuluh darah.

Hal tersebut lambat laun akan menjadi penyebab serangan jantung yang bisa menyerang dengan tiba-tiba.

Dengan mengkonsumsi secara rutin sayuran yang berbahan dasar daun afrika, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dimana hal tersebut merupakan penyebab terjadinya serangan jantung dan stroke.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam African Journal of Biochemistry pada 2011, menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi daun afrika dapat meningkatkan kadar kolesterol baik secara signifikan.

Selain itu, untuk melancarkan peredaran darah dibutuhkan zat yang bernama kalium. Fungsinya adalah untuk menghindarkan berbagai penyakit kardiovasukuler termasuk salah satunya stroke.

Banyak makanan yang mengandung kalium tinggi yang bisa dikonsumsi seperti pisang, alpukat, kentang, dan lain lain. Selain itu, kurma yang biasa kita konsumsi ketika berbuka puasa juga mengandung tinggi kalium. Hal tersebut menjadikan salah satu manfaat kurma adalah mencegah penyakit stroke.

Mengatasi meningitis

Manfaat daun afrika

www.dranak.com

Penyakit meningitis mungkin masih sedikit asing di telinga kita. Karena memang penyakit ini jarang ada penderitanya di sekitar kita. Yang paling terkenal adalah ketika salah satu artis Indonesia, Olga Syahputra, terkena penyakit ini hingga akhirnya meninggal di tahun 2015.

Meningitis adalah sebuah radang yang menyerang membran yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang. Radang yang muncul disebabkan oleh virus, bakteri, maupun mikroorganisme lainnya. Bisa dibayangkan betapa bahayanya ketika bagian dari otak kita terjangkit penyakit.

Penyakit ini akan populer ketika sedang musim haji atau akan berangkat umroh. Dikarenakan ada persyaratan khusus bagi calon jamaah umroh maupun haji untuk melakukan vaksin meningitis. Hal itu disebabkan karena Arab Saudi merupakan salah satu tempat penyebaran virus mematikan tersebut.

Para ilmuwan menemukan bahwa daun afrika memiliki khasiat untuk mengatasi meningitis seperti anti inflamasi (anti radang), pereda sakit, dan peningkat sistem imun.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa ekstrak air daun afrika dengan dosis 200-800 mg per kg berat badan dalam penggunaan selama kurang lebih 21 hari dapat meningkatkan jumlah sel CD+ pada tikus percobaan.

Istilah CD+ adalah angka yang digunakan sebagai parameter yang digunakan dalam studi imunitas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan mengkonsumsi daun afrika dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terhindar dari berbagai penyakit, khususnya dalam penyembuhan penyakit meningitis.

>> Baca juga: 30+ Khasiat Buah Tin, Jenis, Harga, Hingga Cara Budidaya (Lengkap)

Membantu penderita HIV dan AIDS

Manfaat daun afrika

doktersehat.com

HIV merupakan penyakit yang menyerang sistem imun manusia. Kemampuan tubuh mereka yang terpapar HIV dalam melawan infeksi dan penyakit akan melemah. Sehingga rentan terkena berbagai macam penyakit.

Jika orang yang terkena penyakit HIV dibiarkan tanpa adanya pengobatan makan akan menyebabkan AIDS. AIDS merupakan Sekumpulan gejala, penyakit, maupun infeksi yang disebabkan oleh virus HIV. Bisa dikatakan ketika sudah terkena AIDS, system kekebalan tubuh sudah hilang secara total.

Hingga saat ini belum ditemukan obat yang benar-benar bisa menangani virus HIV. Pengobatan yang ada hanya bertujuan untuk menghambat penyebaran virus mematikan tersebut.

Asumsinya ketika penderita HIV dan AIDS mendapatkan pengobatan akan membuat tingkat harapan hidup sedikit lama. Menurut salah satu sumber, harapan hidup orang yang terkena HIV adalah selama kurang lebih 9-11 tahun setelah terinfeksi.

Menurut beberapa penelitian, 75% kasus HIV yang sudah sampai tahap AIDS meninggal 3 tahun kemudian meninggal.

Salah satu faktor yang mempengaruhi harapan hidup penderita HIV dan AIDS adalah bergantung pada kondisi kadar CD4. CD4 adalah senis sel darah putih yang menjadi bagian penting dari sistem kekebalan manusia.

Nah, manfaat daun afrika yang sangat dahsyat adalah dapat meningkatkan kadar sel CD4 atau juga disebut dengan kadar CD+ ini. Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa dengan pemberian ekstrak air daun afrika dengan dosis tertentu dapat meningkatkan kadar CD4 dengan sangat drastis.

Mengobati malaria

Manfaat daun afrika

pixabay.com

Malaria masih menjadi salah satu masalah kesehatan yang menghawatirkan di beberapa negara. Penyakit ini meyebar melalui gigitan nyamuk yang telah terinfeksi oleh sejenis parasit. Penyakit ini bisa menular melalui kontak darah secara langsung dengan penderitanya.

Afrika merupakan kawasan tertinggi kasus malaria. Pada tahun 2015, sekitar 429 ribu orang meninggal karena malaria. Di Indonesia sendiri, daerah endemik kasus malaria tersebar di wilayah bagian timur seperti Papua, NTT, dan Maluku.

Penyakit malaria bisa diobati hingga sembuh. Obat-obatan anti malaria sudah banyak beredar disekitar kita. Namun, dewasa ini telah ditemukan sebuah daun yang diklaim bisa cepat mengobati malaria.

Sebagaimana yang dibahas di artikel kali ini, salah satu manfaat daun afrika adalah untuk mengobati penyakit malaria. Di Arika, daun afrika sengaja dikonsumsi untuk mencegah dan mengobati malaria.

Untuk cara pengolahannya bisa berbagai macam. Selain direbus untuk diambil airnya, daun afrika juga bisa diblender dibuat jus. Bahkan di Afrika sendiri dijadikan sebagai menu utama sayuran maupun sebagai bahan campuran makanan lainnya.

Mengobati asam urat

Manfaat daun afrika

www.everydayhealth.com

Gejala penyakit asam urat biasanya adalah timbulnya rasa nyeri, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Gejala-gejala tersebut timbul dikarenakan terlalu banyak mengkonsumsi zat purin atau zat yang menyebabkan peningkatan asam urat seperti jeroan, hidangan laut, daging mmerah, dan lain lain.

Selain itu, orang yang mengkonsumsi alkohol juga memiliki resiko yang tinggi terkena penyakit asam urat.

Nah, manfaat daun afrika yang lain adalah dapat mengobati penyakit asam urat. Kandungan-kandungan yang ada dalam daun afrika terbukti ampuh untuk menyembuhkan penyaki yang menyerang persendian ini.

Mengatasi jerawat

Manfaat daun afrika

res.cloudinary.com

Selain bermanfaat untuk kesehatan, terdapat manfaat daun afrika untuk kecantikan yaitu untukmengatasi jerawat. Jerawat merupakan masalah sepele namun tidak bisa diabaikan begitu saja. Karena jerawat menyerang area muka dimana jika jerawat memenuhi muka akan membuat anda merasa kehilangan muka.

Apalagi bagi kaum remaja wanita. Baru muncul jerawat satu biji saja sudah bingungnya minta ampun.

Baru-baru ini ditemukan bahwa daun afrika dapat digunakan untuk mengatasi jerawat. Manfaat daun afrika yang satu ini bagaikan angin segar di dalam dunia kecantikan. Karena terdapat opsi terbaru dalam dunia herbal untuk perawatan kecantikan.

Seorang mahasiswi di Universitas Sumatera Utara menguji tentang ekstrak etanol pada daun afrika yang telah diformulasi menjadi krim sebagai pelemah bakteri penyebab jerawat.

Hasilnya, krim tersebut ternyata sangat efektif untuk menghambat bakteri-bakteri penyebab jerawat muncul. Karena daun afrika mengandung senyawa fenol beserta truunannya (flavonoid) yang bersifat anti bakteri.

Selain menggunakan daun afrika, anda juga dapat mengambil manfaat daun bidara untuk mengatasi jerawat yang membandel.

Jadi anda bisa mengurangi obat-obatan kimia yang biasanya memiliki efek samping iritasi. Karena kandungan-kandungan yang digunakan tidak ramah dengan tubuh kita.

Mengatasi gangguan pencernaan

Manfaat daun afrika

hellosehat.com

Pencernaan yang terganggu menyebabkan seseorang terkena berbagai penyakit yang mengganggu kesehatan. Sistem pencernaan bertugas menerima makanan, mengolah, sampai menyalurkannya ke semua tubuh melalui darah.

Secara umum, saluran pencernaan dimulai dari mulut hingga anus. Untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan anda, daun afrika bisa menjadi solusi.

Dengan meminum air rebusan daun afrika dari daun yang fresh maupun daun yang telah dikeringkan dapat membantu mengatasi gangguan-gangguan pencernaan dalam tubuh.

Menurunkan berat badan

Manfaat daun afrika

pixabay.com

Memiliki badan ideal adalah dambaan setiap insan. Tidak hanya wanita yang ingin memiliki badan yang langsing, pria juga demikian. Untuk mendapatkan tubuh yang ideal tersebut, selain dituntut untuk rutin berolahraga juga harus  diimbangi dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Salah satu manfaat daun afrika selanjutnya adalah membantu menurunkan berat badan. Dengan kandungan nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, daun afrika dapat membantu mengatasi masalah anda yang satu ini.

Penutup

Daun afrika dipercaya berkhasiat untuk puluhan bahkan ratusan penyakit. Namun klaim ini juga masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Namun pada prakteknya banyak penyakit yang berhasil sembuh setelah mengkonsumsi daun afrika.

Meskipun belum banyak penelitian menjelaskan tentang kehebatan daun afrika.

Selain penyakit-penyakit yang disebutkan diatas, daun afrika memiliki khasiat-khasiat yang baik untuk berbagai penyakit yang lain. Misalnya mencegah penyakit kanker, mengobati batuk, untuk detoksifikasi, mengatasi sakit perut, mengobati sakit kepala, mengatasi insomnia, dan lain sebagainya.

Sekian dulu artikel ragam manfaat kali ini. Semoga kalian mendapat manfaat dari artikel ini dan jangan lupa untuk selalu kunjungi lamosea untuk mendapatkan info menarik dan bermanfaat lainnya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: