Sejuta Manfaat Daun Kelor, Tanaman Obat Ajaib Di Sekitar Anda

Apa yang anda pikirkan ketika nama daun kelor disebut? Tanaman liar? Bahan sayuran? Tanaman Obat? Jawabannya adalah semua benar. Ya, secara umum, manfaat daun kelor sangat banyak.

Semua bagian dari pohon kelor memiliki kegunaan. Kisah keampuhan tanaman yang direkomendasikan WHO dan FAO untuk kesejahteraan keluarga ini telah diceritakan turun temurun sejak sekitar 2000 tahun SM.

Di daerah, pohon kelor sering dipandang sebagai tanaman yang tidak baik. Hal tersebut karena berbagai mitos yang berkembang dan tidak terselesaikan dan terjawab dalam bidang pertanian. Tanaman yang mempunyai nama latin moringa oleifera ini sejatinya memiliki kandungan nutrisi yang melimpah dan langka yang lain dari pada yang lain.

Pohon kelor tersebar luas di beberapa benua, yaitu Afrika, Amerika Latin, dan Asia. Di tahun 2008, departemen kesehatan Amerika (NIH) mengatakan bahwa kelor telah digunakan sebagai obat oleh banyak orang untuk mencegah dan mengobati hingga lebih dari 300 jenis penyakit.

Sedangkan WHO, organisasi tersebut telah melakukan penelitian mendalam dan menemukan bahwa kelor merupakan tumbuhan ajaib yang sangat berjasa untuk kesehatan dengan harga yang sangat murah, khususnya bagi negara-negara termiskin di dunia.

Tanaman kelor memang banyak tumbuh di Afrika. Ketika semua penelitian-penelitian menunjukkan berbagai manfaat daun kelor, hal tersebut bagaikan angin segar bagi masyarakat Afrika khususnya.

Selain dapat digunakan sebagai obat, tanaman kelor juga bisa dimanfaatkan sebagai makanan yang mengandung nutrisi melimpah yang berjasa mengentaskan masalah gizi buruk. Semua bagian dari pohon kelor bisa dimanfaatkan. Mulai dari daun, kulit batang, buah, biji, hingga akarnya bisa digunakan.

Bahkan, di sebagian kawasan Ethiopia, pohon kelor dijadikan sebagai tanaman penahan longsor dan konservasi tanah karena memiki struktur akar yang rapat. Sehingga, ketika pada musim hujan, meskipun dalam volume yang sangat sedikit, air hujan yang jatuh akan dapat tertahan dengan akar kelor, sebagaimana yang telah dijelaskan di sini.

Kandungan Daun Kelor

Sebagaimana yang saya jelaskan diatas, bahwa kelor memiliki kandungan nutrisi yang sangat melimpah dan lain dari pada yang lain. Kelor dijelaskan mengandung 539 jenis senyawa, 40 jenis antioksidan, dan 90 jenis nutrisi lain. Dengan kandungan sebanyak itu, tidak salah jika kelor dianggapa sebagai buah ajaib dan juga buah kehidupan.

Berkaitan dengan daun kelor, terdapat sebuah penelitian oleh salah satu mahasiswa pertanian dengan cara mengelompokkan daun kelor berdasarkan layernya. Menurut hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa daun dengan kadar gizi terbaik terletak pada layer paling atas atau daun muda.

Kemudian, menurut berbagai penelitian, dinyatakan bahwa kelor serbuk mengandung berkali lipat lebih banyak banyak nutrisi dibandingkan daun kelor yang masih segar. Berikut ini beberapa kandungan kelor yang telah dimasukkan ke dalam tabel perbandingan.

Tabel nutrisi khasiat daun kelor

kelorina.com

Manfaat Daun Kelor Bagi Pria

Berikut ini ada beberapa manfaat daun kelor untuk pria.

Mengatasi Disfungsi Ereksi

Khasiat daun kelor

source: www.sehatfresh.com

Perlu anda ketahui, manfaat daun kelor dapat berfungsi sebagai viagra alami untuk “senjata” anda. Hal tesebut dikarenakan kandungan kelor yang penuh gizi, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan untuk kinerja seksual dan ereksi. Mungkin anda akan bertanya-tanya bagaimana mungkin hanya dengan satu tanaman dapat menjadi solusi masalah ranjang anda.

Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap menurunnya jumlah sperma diantaranya adalah kurangnya senyawa seng, steroid, merokok, narkoba, kafein, alkohol, diet berlebihan, banyak mengkonsumsi junk food, dan juga terlalu sering masturbasi.

Yang perlu anda pahami juga, hormon seks sangat bertanggung jawab dalam hal produksi organ seks dan produksi sperma. Kelor ditemukan mengandung vitamin C dan D tinggi yang sangat bagus untuk meningkatkan tingkat hormon seks pada pria.

Sebagaimana yang dijelaskan oleh Ajobiewe Samson, seorang mikrobiolog, bahwa testosteron adalah hormon seksual pria yang paling penting. Hormon tersebut bertanggung jawab dalam pengembangan organ seksual, pembentukan dan pemeliharaan karakter seksual pria, juga dalam memproduksi sperma.

Maka, memasok vitamin D dengan jumlah yang cukup akan memiliki efek positif pada tingkat testosteron anda. Kabar baiknya, daun kelor memiliki kandungan vitamin D yang cukup besar.

Secara khusus biji kelor mengandung senyawa saponin yang berfungsi untuk meningkatkan libido dan juga testosteron.

Selain itu, daun kelor mengandung antioksidan, mineral, dan vitamin yang mengandung asam amino serta L-Cartinine. Semua kandungan yang saya sebutkan tadi sangat mendukung pembentukan sperma yang sehat. Selain itu juga dapat meningkatkan jumlah sperma serta motilitas sperma (proses bergerak menuju sel telur).

Baca Juga: 20+ Manfaat Daun Bidara Yang Dahsyat Untuk Kesehatan

Menurunkan Berat Badan

Khasiat daun kelor

source: www.mengecilkanperutbuncitcepat.com

Daun kelor bisa menjadi salah satu solusi menurunkan berat badan anda secara alami. Namun, perlu anda ingat, tidak ada cara yang mudah untuk mendapatkan berat badan ideal. Untuk hasil yang maksimal hendaknya dibarengi dengan melakukan aktifitas-aktifitas yang menunjang.

Anda tidak perlu menghabiskan uang anda untuk pergi ke gym. Aktifitas-aktifitas sederhana yang bisa anda lakukan misalnya berjalan kaki, bersepeda, jogging, dan angkat beban ringan. Bagian yang terpenting dari semua itu adalah konsisten dan juga sabar.

Daun kelor setelah dikonsumsi akan berperan untuk melepaskan lemak secara alami karena fungsi detoks yang dimiliki. Kelor akan membersihkan usus besar anda dari limbah, kotoran, racun, dan lemak-lemak jahat. Tidak salah kalau usus besar dikatakan inti dari kesehatan. Kalau usus besar tidak melakukan tugasnya dengan baik, tubuh kita akan menjadi sakit.

Manfaat Daun Kelor Bagi Wanita

Setelah dibahas mengenai manfaat daun kelor untuk pria, berikut ini akan dibahas manfaatnya untuk wanita.

Menurunkan Berat Badan

Khasiat daun kelor

source: emsig-global.com

Wanita yang mengkonsumsi daun kelor banyak melaporkan mengalami penurunan berat badan. Efek ini disebabkan karena proses detoksifikasi alami yang dimiliki oleh kelor yang dapat menghilangkan kelebihan lemak, plak, dan feses.

Lebih spesik lagi, kelor mempunyai efek anti inflamasi dan diuretik yang membantu mengurangi retensi terhadap air. Kemudian serat yang tinggi di dalam kelor mengurangi penyerapan lemak di dalam usus. Dan yang terakhir ditemukan juga bahwa penurunan resistensi insulin dapat mencegah akumulasi lemak berlebih disekitar tubuh.

Selain daun kelor yang mengandung tinggi serat, ada satu buah yang mungkin masih asing namnya ditelinga anda yaitu buah tin. Buah tin mengandung tinggi serat sehingga menjadikan salah satu manfaat buah tin adalah untuk menurunkan berat badan. Selain buahnya, daunnya juga memiliki khasiat yang sama.

Kecantikan Rambut, Kulit, dan Kuku

Khasiat daun kelor

source: www.ummi-online.com

Daun kelor kaya akan vitamin A yang sangat berkontribusi pada pertumbuhan rambut yang efektif. Kekurangan vitamin B akan membuat rambut rontok, khususnya vitamin B6. Selain itu Vitamin E berperan sebagai antioksidan yang menjadi nutrisi bagi pertumbuhan rambut

Kemudian, kandungan mineral seng yang melimpah dapat merangsang pertumbuhan rambut melalui peningkatan fungsi kekebalan tubuh. Yang terakhir, Sulfur yang terdapat pada kelor juga dapat menumbuhkan rambut, kuku, memperindah kulit, dan memperlambat proses penuaan secara keseluruhan.

Kesehatan Seksual

Khasiat daun kelor

source: apinew2017.grid.id

Niacin yang terkandung dalam daun kelor membantu tubuh menghasilkan hormon yang berhubungan dengan sex di bagian kelenjar adrenal. Kemudian kandungan vitamin E yang tinggi juga membantu dalam mengatasi kekeringan di dalam vagina wanita.

Perubahan hormon selama masa kehamilan dan juga menopause menjadi penyebab paling umum ternjadinya kekeringan vagina. Dengan vitamin E yang memiliki sifat pelembab yang kuat dapat membantu mengatasi masalah anda.

Mengatasi Gejala Yang Timbul Ketika Menopause

Khasiat daun kelor

source: konsultasisyariah.com

Menopause adalah salah satu hal yang krusial dalam hidup wanita. Proses alami yang pasti dialami setiap wanita tersebut merupakan penanda akhir dari usia reproduktif yang artinya anda tidak dapat hamil lagi.

Untuk mengatasi gejala-gejala yang ditimbulkan ketika awal menopause anda memerlukan bantuan nutrisi yang tepat. Selama menopause tubuh akan membutuhkan ekstra zat besi dan kalsium untuk menebus kehilangan darah. Selama kelihangan darah dalam proses menstruasi, tubuh akan kehilangan beberapa nutrisi seperti zat besi dan kalsium.

Kelor yang telah dijadikan bubuk mengandung 17 kali lebih banyak kalsium dibandingkan susu dan 25 kali lebih banyak zat besi dibandingkan bayam. Kedua nutrisi tersebut dapat membantu menangkal gejala menopause dan memperlancar siklus menstruasi.

Kandungan vitamin C yang tinggi dapat mengurangi hot flushes. Hot flushes adalah kondisi dimana wanita menopause mengalami sensasi panas, baik dibagian atas tubuh maupun seluruhnya. Bisanya kondisi ini berlangsung sejak satu hingga dua tahun setelah menstruasi terkahir mereka hingga setelah menopause.

Mengatasi Kram Saat PMS

Khasiat daun kelor

source: ruangmuslimah.co

Lebih dari 60% wanita menderita kram ketika menstruasi. Daun kelor mengandung 3 kali potasium dibandingkan pisang yang dapat membantu mengurangi perasaan lemah dan lelah. Selain itu kelor juga mengandung vitamin B1, B6, zat besi, dan lainnya yang juga dapat membantu memperlancar proses menstruasi anda.

Dalam hal suasana hati, Kandungan B12  yang kuat dapat menenangkan sistem saraf dan membawa ketenangan pikiran wanita haid.

Kekuatan Tulang

Khasiat daun kelor

source: feed.merdeka.com

Ketika menopause, wanita rentan memiliki masalah pada tulang. Mereka sangat rentan terkana osteoporosis. Secara umum, tubuh manusia yang kekurangan asupan kalsium yang cukup, ia akan mengambil kalsium dari tulang dan gigi.

Hal tersebut yang menyebabkan tulang menjadi lemah dan keropos. Daun kelor yang mengandung kalsium tinggi dapat menjadi solusi untuk masalah ini. Kalsium kelor akan sangat mudah diserap oleh tubuh karena 100% berasal dari tumbuhan alami.

Mengatasi Depresi

Khasiat daun kelor

source: awanjakarta.com

Salah satu penyebab depresi adalah kurangnya nutrisi yang terkandung dalam makanan. Di Amerika, wanita yang mendekati usia 40-an umumnya memiliki resiko tinggi mengalami depresi dan gangguan tidur.

Daun kelor mengandung beberapa senyawa yang dapt mengatasi masalah itu semua, diantaranya vitamin A, B, C, E, kalium, kalsium, flavonoid, dan nutrisi lainnya. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi kelor setiap hari dapat mengatasi depresi disamping mengatasi masalah kesehatan secara keseluruhan.

Produksi ASI Melimpah

Khasiat daun kelor

source: johnsonsbaby.co.id

Masyarakat India Timur, terutama di daerah yang secara ekonomi sangat lemah, mengkonsumsi daun kelor karena banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya. Selain memenuhi nutrisi sang ibu, kelor juga dapat berfungsi menyuburkan dan memperbanyak ASI.

Kandungan kalsium yang tinggi dari daun kelor menjadi alasan yang sangat jelas sebagai nutrisi yang dapat meningkatkan produksi ASI. Sebagaimana tercantum di kandungan daun kelor bahwa kalsium kelor lebih banyak 2 kali dibandingkan yang ada pada susu.

Manfaat Daun Kelor Bagi Anak-Anak

Ternyata daun kelor memiliki banyak sekali manfaat untuk si kecil. Simak ulasannya berikut ini.

Mengingkatkan Energi

Daun kelor berkhasiat unutk meningkatkan energi anak

source: vebma.com

Anak yang dalam masa pertumbuhan banyak membutuhkan energi. Kandungan lengkap daun kelor yang sangat kaya nutrisi akan sangat membantu tumbuh kembang anak. Dengan mengkonsumsi daun kelor setiap hari, khususnya dalam bentuk bubuk, dapat dipastikan anak akan mendapatkan energi yang optimal untuk pertumbuhan.

Meningkatkan Kekuatan Otak

Khasiat daun kelor

source: nakita.grid.id

Manfaat daun kelor yang satu ini sangat bagus. daun kelor mengandung 25 kali lipat zat besi lebih banyak dibandingkan bayam. Selain itu juga mengandung seng, vitamin C dan E yang sarat akan omega 3, yang sangat penting untuk kesehatan otak.

Mengandung Protein Tinggi

Khasiat daun kelor

source: kotak-jawaban.blogspot.co.id

Daun kelor adalah satu-satunya sumber tanaman yang mengandung semua 8 asam amino essensial atau protein. Selama masa awal pertumbuhan, sel-sel dalam tubuh anak mengalami perkembangan.

Kelor mengandung 2 kali lebih banyak protein dibanding susu dan daging. Dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin, akan ber efek sangat positif bagi perkembangan sel-sel dalam tubuh anak.

Meningkatkan Kesehatan Ginjal dan Hati

Khasiat daun kelor

source: vemale.com

Fakta pada zaman modern ini, para orang tua banyak sekali tidak memperhaitkan asupan anak-anak mereka. Secara tidak sadar mereka memerikan makanana-makanan yang tidak sehat bagi tumbuh kembang anak.

Dari semua hal itu dapat memicu terjadinya obesitas pada anak. Obesitas sendiri dapat menjadi pemicu penyakit-penyakit lainnyab yang menganggu kesehatan. Dun kelor mengandung sekiar 48 antioksidan yang akan berdampak positif bagi ginjal dan hati anak anda jika dikonsumsi secara rutin.

Meningkatkan Kekebalan

Khasiat daun kelor

source: jellygamatcair.com

Di seluruh dunia, daun kelor dikenal sebagai tanaman anti inflamasi dan membangun sistem kekebalan yang tinggi. Dengan kandungan vitamin C yang 7 kali lebih besar dari jeruk dan juga kandungan vitamin E nya, kelor baik sebagai penyembuhan infeksi.

Mempertajam Penglihatan

khasiat daun kelor

source: klikdokter.com

Kurangnya konsumsi makanan bergizi tinggi seperti buah, sayuran nhijau, biji-bijian akan dapat menyebabkan kekurangan vitamin A. Hal ini biasa terjadi pada anak-anak yang masih sering pilah-pilih makanan.

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan penglihatan yang buruk dan potensi penggunaaan kacamata di usia dini akan semakin besar.

Ketahuilah bahwa daun kelor adalah salah satu karunia tuhan yang memiliki kandungan vitamin A tinggi. Vitamin A ini akan dapat memperkuat dan menyembuhkan masalah penglihatan anak anda.

Baca Juga: Dahsyatnya Manfaat Daun Afrika {Penawar Penyakit HIV/AIDS}

Demikianlah ulasan singkat mengenai manfaat daun kelor. Yang saya sebutkan diatas adalah hanya beberapa khasiat dari mengkonsumsi daun kelor. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa daun kelor memiliki ratusan khasiat unutk kesehatan.

Sekarang anda sudah tahu kalau untuk menjadi sehat tidaklah mahal.  So, marilah kita menjadikan tubuh kita sehat dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat alami.  Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Kalau tidak sekarang, kapan lagi?

Sekian dari saya. Tetap kunjungi lamosea untuk mendapatkan info menarik lainnya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: