13+ Manfaat Daun Sirih Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

Manfaat daun sirih – Sirih merupakan tanaman merambat asli Indonesia. Sejak jaman dahulu, sirih telah digunakan sebagai obat-obat alami oleh masyarakat tradisional. Selain digunakan sebagai obat, tanaman sirih juga bisa digunakan sebagai tanaman hias didepan rumah.

Berikut ini akan saya bahas berbagai macam manfaat daun sirih yang selama ini telah terbukti dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Manfaat daun sirih sebagai obat maag

Manfaat daun sirih

www.cermati.com

Penyakit maag muncul karena gaya hidup yang tidak sehat. Pola makan yang tidak teratur menjadi salah satu faktor utama terkena maag. Dengan gaya hidup yang serba instan seperti sekarang ini juga dapat menjadi pemicu terjadi maag.

Jika anda ingin mulai mengurangi ketergantungan akan obat-obatan kimia, menggunakan daun sirih bisa jadi pilihan. Caranya adalah dengan meminum air rebusan daun sirih sebanyak 2 kali dalam sehari ketika sakit.

Hal yang perlu menjadi perhatian kemudian adalah mengenai keteraturan pola makan. Ketika maag anda berhasil disembuhkan dengan mengkonsumsi daun sirih, pola makan yang teratur harus segera diaplikasikan.

Karena yang baik adalah mencegah dari pada mengobati. Kalau dengan mengatur pola makan sehat anda bisa mencegah terjadinya maag, anda tidak perlu mengorbankan diri anda terkena maag terlebih dahulu.

Manfaat daun sirih untuk mengatasi demam berdarah

Manfaat daun sirih

inipasti.com

Selama ini untuk menangani demam berdarah salah satu yang dikenal adalah dengan menggunakan daun jambu biji. Namun perlu anda ketahui, bahwa daun sirih juga dapat digunakan untuk menangani penyakit yang disebabkan oleh nyamuk aedes agypty ini.

Berbeda dengan daun jambu biji yang dikonsumsi secara oral (diminum), daun sirih digunakan untuk membasmi larva nyamuk berupa insektisida organik. Kandungan alkaloid yang dikandungnya dapat menghambat nyamuk pada stadium larva.

Daun sirih bermanfaat mengobati batuk

Manfaat daun sirih

www.goddessmystic.com

Batuk merupakan proses alami sebagai mekanisme pertahanan tubuh unutk mengeluarkan benda asing yang masuk ke saluran pernafasan. Bisa dikatakan batuk adalah proses normal yang alami sebagai indikasi ada benda asing yang mengganggu.

Namun, ketika batuk terlalu berlebihan akan mengakibatkan aktifitas terganggu. Daun sirih bisa membantu anda mengatasi batuk yang mengganggu.

Caranya siapkan beberapa lembar daun sirih bersih lalau direbus. Air hasil rebusan tadi kemudian dicampur dengan sedikit jeruk nipis. Minumlah ramuan herbal tadi kurang lebih sehari 3 kali. Insyaallah batuk akan segera mereda.

Manfaat daun sirih untuk mengobati asma

Manfaat daun sirih

www.parenting.co.id

Asma merupakan penyakit yang disebabkan oleh peradangan di dalam saluran pernapasan. KArena peradangan tersebut mengakibatkan saluran pernapasan menjadi menyempit. Dampaknya adalah udara yang masuk melalui saluran pernapasan menjadi kurang.

Meskipun asma merupakan penyakit tidak menular dan memiliki tingkat kematian yang rendah, namun harus tetap diobati. Karena gejala-gejala asma akan sangat mengganggu aktifitas kalian.

Namun, obat yang ada dianggap tidak bisa mengobati asma, hanya mengurangi gejala dan mengontrol saja.

Nah, bagi kalian para penderita asma, bisa mencoba memanfaatkan daun sirih sebagai ramuan herbal alami. Caranya adalah dengan meminum rebusan daun sirih secara rutin.

Radang tenggorokan dapat diatasi dengan daun sirih

Manfaat daun sirih

healindonesia.com

Radang tenggorokan dalam masyarakat kita sering disebut sebagai panas dalam. Penyakit ini akan membuat kalian tidak merasa nyaman karena membuat kesulitan makan atau minum.

Radang tenggorokan biasanya adalah sebuah gejala umum yang disertai dengan suatu penyakit lain. Misalnya ketika demam, ketika kelelaha, dan lain lain.

Sebenarnya, kalau tidak diobati, radang tenggorokan akan sembuh dengan sendirinya selama kurang lebih kurang dari seminggu. Namun bagi anda yang sangat merasa terganggu dengan adanya sakit tenggorokan, anda bisa menggunakan daun sirih sebagai obatjnya.

Caranya adalah meminum air rebusan daun sirih sampai tenggorokan anda merasa enak.

Khasiat daun sirih untuk mengatasi sakit mata

Manfaat daun sirih

www.firdaus45.com

Mata merupakan salah satu organ tubuh vital yang sangat mudah terkena iritasi maupun infeksi. Ketika mata mengalami iritasi akan sangat menganggu aktifitas karena berhubungan dengan penglihatan kita.

Hal tersebut dikarenakan mata sering terbuka dan terpapar polusi secara langsung. Gangguan-gangguan yang dapat menyebabkan mata iritasi misalnya adalah ketika kita berada di daerah yang ber angin kencang sehingga debu-debu berterbangan hingga masuk ke mata.

Hal tersebut  dapat menyebabkan mata gatal, memerah, hingga terasa perih disertai mengeluarkan air. Untuk mengatasinya anda dapat mencoba tanaman yang biasa ada disekitar kita sebagai penangkalnya.

Anda dapat mencoba menggunakan daun sirih sebagai penghilang iritasi pada mata. Caranya gunakan air rebusan daun sirih dan gunakan sebagai kompres atau bisa juga dijadikan sebagai obat tetes.

>> Baca juga: Manfaat Kurma, Salah Satu Buah Surga Yang Tercantum Dalam Al-Quran

 

Daun sirih dapat menghilangkan bau mulut

Manfaat daun sirih

abiummi.com

Bau mulut tidak sedap dapat dialami oleh siapa pun anda. Beberapa  kebiasaan yang dapat mengakibatkan timbulnya bau mulut adalah seperti makan pete, jengkol, bawang putih, gigi berlubang, atau jarang menggosok gigi.

Bau mulut akan sangat mengganggu karena berbicara didepan orang lain adalah hal yang tidak bisa kita hindari.

Sebenarnya, banyak sekali cara-cara unutk menghilangkan bau mulut. Yang saya sarankan disini adalah menggunakan daun sirih sebagai obatnya.

Caranya ambil beberapa lembar daun sirih. Kemudian rebus atau rendam dengan air hangat. Gunakan air rendaman tadi untuk berkumur setiap hari sampai bau mulut menghilang.

Manfaat daun sirih untuk mengobati gusi berdarah

manfaat daun sirih

zact.id

Gusi berdarah adalah salah satu gangguan yang berhubungan dengan kesehatan mulut yang tak boleh dianggap remeh. Selain dampak secara lokal, dampak yang ditimbulkan oleh gusi berdarah juga bisa menimbulkan dampak sistemik.

Rasa nyeri akan timbul ketika kita mengalami gusi berdarah. Ketika tidak diobati rasa nyeri tersebut akan sangat mengganggu kenyamanan kita. Mau berbicara susah, bahkan untuk makan pun akan menjadi susah.

Secara sistemik, gusi yang sedang terganggu dapat berdampak pada gangguan persyarafan disekitarnya, seperti sakit kepala, gangguan telinga, mata, dan sebagainya.

Beberapa faktor penyebab gusi beradarah adalah infeksi kuman pada gusi, trauma benda-benda yang masuk ke dalam mulut (sikat gigi, tusuk gigi, dan lain-lain), dan kekurangan vitamain C dan K.

Nah, untuk mengatasi gusi berdarah, anda bisa menggunakan daun sirih sebagai obatnya. Daun sirih dikenal mengandung zat antiseptik yang berfungsi unutk membunuh kuman. Caranya adalah dengan menggunakan air rebusan daun sirih sebagai obat kumur. Lakukan sebanyak 2 kali dalam sehari.

Manfaat daun sirih untuk menghilangkan bau badan

Manfaat daun sirih

okezone.com

Aroma keringat yang menyengat tentu dapat mengurangi rasa percaya diri. Umumnya kita akan menggunakan deodorant untuk menyamarkan bau keringat yang keluar dari ketiak secara khusus.

Jika anda ingin beralih ke cara alami, mudah, dan murah, daun sirih bisa menjadi alternatif. Daun sirih bersifat antiseptik yang dapat membantu membasmi bakteri. Selain itu, daun sirih mengandung minyak atsiri yang dapat membuat badan lebih harum.

Cara pertama adalah dengan minum air rebusan daun sirih. Dengan meminum air rebusan daun sirih, selain membantu menghilangkan bau badan, secara bersamaan juga dapat melancarkan pencernaan.

Caranya adalah ambil beberapa daun sirih dan cuci hingga bersih. Kemudian rebus daun sirih hingga mendidih. Setelah itu gunakan air rebusan tersebut untuk minuman. Jika anda kurang suka dengan rasanya bisa dicampur dengan madu. Minumlah secara rutin hingga bau badan anda menjadi normal.

Cara kedua adalah dengan mandi menggunakan air rebusan daunj sirih. Caranya persis dengan cara merebus daun sirih untuk diminum. Bedanya adalah karena ini digunakan untuk mandi jadi daun sirih yang dibutuhkan agak cukup banyak.

Setelah daun sirih direbus, gunakan air rebusannya unutk mandi. Jika anda memiliki penyakit gatal-gatal bisa digunakan untuk berendam. Selamat mencoba.

Manfaat daun sirih untuk mengobati mimisan

manfaat daun sirih

nationalgeographic.co.id

Mimisan dapat terjadi karena beberapa hal, misalnya seperti benturan pada hidung, alergi, ataupun kadar tombosit sedang turun. Mimisan jika tidak ditangani dengan benar akan dapat menimbulkan gangguan kesehatan lainnya.

Di dalam daun sirih terkandung beberapa zat, salah satunya yang dikenal adalah tanin. Kandungan tanin dalam daun sirih dapat berfungsi sebagai mempercepat menyumbat pendarahan.

Hal yang pertama dilakukan ketika terjadi mimisan adalah biarkan posisi kepala normal kedepan. Biasanya secara reflek ketika terjadi mimisan adalah langsung “mendongakkan” kepala ke atas.

Hal tersebut akan sangat berbahaya karena darah bisa langung masuk ke dalam saluran makanan dan lambung.

Kemudian ambil 1 atau 2 lembar daun sirih dan bersihkan dengan air. Setelah itu memarkan daun sirih dan buatlah gulungan membentuk batang. Kemudian masukkan gulungan daun sirih tadi ke dalam hidung. Tunggulah beberapa saat hingga darah berhenti menetes.

Khasiat daun sirih untuk melancarkan haid

Manfaat daun sirih

akuinginhamil.com

Haid adalah siklus bulanan yang wajib datang sebagai tanda bahwa sistem reproduksi berjalan normal. Ketika ada masalah pada siklus haid anda, hal tersebut menandakan ada masalah yang harus segera diatasi.

Siklus haid yang tidak teratur dapat disebabkan oleh beberapa hal, kondisi kesehatan yang tidak baik, obat-obatan yang diminum, dan makanan-makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Anda dapat menggunakan daun sirih sebagai minuman herbal pelancar haid.

Selain itu, selama masa menstruasi, lebih dari 60% wanita menderita kram. Selain menggunakan daun sirih, anda bisa mengambil manfaat daun kelor. Daun kelor mengandung banyak potasium, zat besi, B12 , dan kandungan-kandungan yang lain yang dapat memperlancar menstruasi anda.

Khasiat daun sirih untuk mengatasi keputihan

Manfaat daun sirih

omkepo.com

Air rebusan daun sirih memounyai sifat anti bakteri. Jika digunakan dalam kondisi dan takaran yang tepat, air rebusan daun sirih dapat membunuh kuman-kuman penyebab keputihan seperti jamur, bakteri, virus, maupun parasit.

Namun, perlu anda ketahui bahwa didalam vagina sendiri terdapat bakteri yang bernama lactobacillus. Bakteri tersebut secara umum tidak berbahaya dan  berfungsi menjaga kadar keasaman vagina. Jadi ketika ada bakteri atau kuman jahat, mereka akan mati karena asam yang terkandung dalam vagina.

Penggunaan rebusan air daun sirih bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi keputihan yang tidak normal. Namun tidak disarankan unutk terlalu sering digunakan karena khawatir akan membunuh bakteri baik sehingga mengakibatkan ph vagina berubah.

Jika kalian telah menggunakan rebusan daun sirih dan keputihan masih belum terselesaikan, anda bisa menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Daun sirih bermanfaat menghilangkan bau tidak sedap pada vagina

Manfaat daun sirih

www.klikdokter.com

Masalah bau yang tidak sedap pada vagina merupakan hal yang serius, apalagi bagi anda yang sudah menikah. Hal ini tentunya dapat menurunkan kepercayaan diri didepan suami ketika akan melakukan hubungan seksual.

Kesehatan vagina harus diperhatikan tidak hanya dari luar tetapi juga dari dalam. Anda bisa menggunakan daun sirih sebagai alternatif obat dalam. Karena di dalam daun sirih terkandung senyawa euganol dan antiseptic yang membantu membersihkan kuman.

Gunakan rebusan air daun sirih untuk diminum. Selain unutk menghilangkan bau tak sedap juga dapat membantu mengencangkan otot kewanitaan.

Untuk penggunaan secara luar ternyata sangat tidak dianjurkan oleh para dokter kecantikan. Karena akan membuat miss V anda kering dan kadar keasamannya (ph) berubah. Sehingga malah menyebabkan vagina mudah ditumbuhi kuman.

Daun sirih sebagai obat luka bakar

Manfaat daun sirih

id.wikihow.com

Seperti yang kita tahu bahwa daun sirih sangat bermanfaat unutk kesehatan, diantaranya masalah kewanitaan, mimisan, bau mulut, dan lain-lain. Namun tahukah anda kalau daun sirih juga dapat digunakan untuk mengobati luka bakar?

Pada dasarnya setiap luka dapat diatasi dengan menggunakan antiseptik agar bakteri-bakteri yang ada di dalam luka tersebut hilang. Nah, daun sirih memiliki kandungan antiseptik yang akan kita gunakan sebagai bahan alami menyembuhkan luka bakar.

Apabila anda terkena luka bakar, mula-mula aliri dengan air mengalir luka bakar tersebut. Fungsinya adalah untuk menjaga suhu kulit agar tetap stabil.

Setelah suhu kulit yang mengalami luka bakar telah stabil, siapkan beberapa lembar daun sirih dan madu. Madu disini berfungsi untuk memberikan nutrisi pada kulit. Seperti kebanyakan produk-produk kecantikan kulit biasanya madu menjadi salah satu komposisi yang wajib ada.

Beberapa lembar daun sirih tadi ditumbuk hingga halus. Kemudian diberi sedikit air dan diperas. Yang akan kita gunakan disini adalah air perasan daun sirih.

Air perasan daun sirih kemudian dicampur dengan madu dan aduklah sampai tercampur rata. Setelah itu oleskan ramuan daun sirih + madu tadi pada luka bakar anda.

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: