Manfaat Kurma, Salah Satu Buah Surga Yang Tercantum Dalam Al-Quran

Manfaat Kurma – Kurma merupakan buah yang berasal dari kawasan Arab. Buah yang biasa dikonsumsi ketika bulan ramadan ini ternyata banyak sekali mengandung manfaat.

Karena manfaat yang banyak, sebaiknya kurma tidak hanya dikonsumsi ketika bulan ramadan saja, namun bisa kalian jadikan salah satu buah yang wajib ada di atas meja makan.

Kurma dalam Al-Quran

Allah menyebutkan kurma dalam Al-Quran sebanyak 20 kali. Setiap hal yang disebutkan di dalam Al-Quran khususnya pasti hal tersebut adalah penting dan memiliki keistimewaan tertentu.

Berikut adalah beberapa ayat yang menjelaskan tentang kurma.

Surat Ar-Rahman ayat 11

فِيهَا فَاكِهَةٌ وَالنَّخْلُ ذَاتُ الْأَكْمَامِ

Artinya: Di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang mempunyai kelopak mayang.

Surat Qaf ayat 10

وَالنَّخْلَ بَاسِقَاتٍ لَهَا طَلْعٌ نَضِيدٌ

Artinya:  Dan pohon kurma yang tinggi-tinggi yang mempunyai mayang yang bersusun-susun

Surat Maryam ayat 24-26

فَنَادَاهَا مِنْ تَحْتِهَا أَلا تَحْزَنِي قَدْ جَعَلَ رَبُّكِ تَحْتَكِ سَرِيًّا (24) وَهُزِّي إِلَيْكِ بِجِذْعِ النَّخْلَةِ تُسَاقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا (25) فَكُلِي وَاشْرَبِي وَقَرِّي عَيْنًا فَإِمَّا تَرَيِنَّ مِنَ الْبَشَرِ أَحَدًا فَقُولِي إِنِّي نَذَرْتُ لِلرَّحْمَنِ صَوْمًا فَلَنْ أُكَلِّمَ الْيَوْمَ إِنْسِيًّا (26)

 

Artinya: Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah, “Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu; maka makan, minum, dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah, “Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini.”

Kurma dalam hadits

Dalam Shahih Buhari dan Muslim, diriwayatan oleh Saad bin Abi Waqash, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam beliau bersabda ‘Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwa pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun atau sihir’.

Rumah yang tidak ada tamr (kurma kering) di dalamnya, akan membikin lapar penghuninya’ (HR. Muslim no. 2046)

Dari Sahabat Adiy bin Hatim, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda “Barangsiapa dari kalian yang mampu berlindung diri dari api neraka walaupun hanya dengan sebutir tamr, maka lakukanlah”. (HR. Muslim no.1016, HR. Bukhari no.6023, dan HR. At-Tirmizdi no.2415).

Kandungan kurma

Kurma memiliki kandungan yang sangat banyak. Berikut ini adalah daftar lengkap kandungan kurma.

tabel kandungan nutrisi kurma

Manfaat kurma menurut Nabi Muhammad

Menangkal racun dan sihir

manfaat kurma

www.terapioksidan.com

Sebagaimana yang telah saya sebutkan diatas mengenai kurma kurma ajwa yang dapat mencegah terkena sihir dan racun, terdapat hadits yang lain menyebutkan juga bahwa, “Kurma ajwa itu berasal dari surga, dan ia adalah obat dari racun.” (HR. Ibnu Majah)

Kedua hadits diatas menjelaskan tentang keistimewaan mengkonsumsi kurma ajwa. Manfaat kurma disini adalah dalam segi doa dan keberkahan Rasulullah, bukan merupakan manfaat kurma secara zatnya.

Perlu kalian ketahui, bahwa kurma ajwa adalah berasal dari kota Madinah yang dikenal sebagai kurma terbaik di jenisnya. Karena memang dianggap jenis yang terbaik dan disebutkan secara khusus oleh Nabi Muhammad, kurma ini berharga cukup mahal.

Makanan terbaik selain susu

Manfaat kurma

starberita.com

Ucapan kurma merupakan makanan terbaik selain susu disandarkan kepada perkataan Aisyah (istri Rasulullah). Secara umum, susu merupakan salah satu sumber protein terbaik. Sedangkan kurma mengandung energi yang sangat tinggi.

Manfaat kurma secara tinjauan medis modern

Mencegah stoke

Manfaat kurma

www.sgvascularctr.com

Kadar kalium yang tinggi di dalam kurma sangat dibutuhkan untuk mengatur denyut nadi jantung dan membantu mengatur tekanan darah.

>> Baca Juga: Manfaat Daun Sirih Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

Kesehatan tulang

Manfaat kurma

journal.20fit.co.id

Salah satu zat yang terkandung dalam kurma adalah kalsium. Kalsium sangat dibutuhkan unutk pertembuhan dan kesehatan tulang. Bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, atau orang dewasa yang menginginkan tulangnya sehat dapat mengkonsumsi kurma secara rutin.

Mengatasi sembelit

manfaat kurma

www.arwini.com

Kurma dapat digunakan sebagai obat pencuci perut. Untuk mendapatkan efek pencuci perut yang mantap, rendamlah kurma dalam segelas air selama semalam. Kemudian pada paginya minumlah air rendaman kurma tersebut.

Kandungan serat yang cukup tinggi dalam kurma sangat bermanfaat untuk kesehatan perut dan memperlancar buang air besar.

Mengatasi anemia

Manfaat kurma

www.wivrit.com

Di dalam kurma terdapat kandungan zat besi yang tinggi. KArena kandungan zat besi inilah kurma sangat bermanfaat bagi penderita anemia. Dengan mengkonsumsi kurma dapat meningkatkan energi dan mengurangi rasa lesu dan lelah.

Menaikkan berat badan

Manfaat kurma

islamidia.com

Badan yang terlalu gemuk mungkin menjadi masalah bagi banyak orang. Namun memiliki badan yang kurus juga menjadi masalah bagi sebagian orang. Anda dapat menggunakan kurma sebagai obat alami dalam menggemukkan badan.

Kurma mengandung kalori yang sangat tinggi. Dengan jumlah kalori yang tinggi tersebut, dengan mengkonsumsi kurma pastinya cukup mejadi solusi penggemuk badan anda.

Kesehatan mata

Manfaat kurma

pixabay.com

Mata adalah salah satu nikmat yang sangat mahal. Ketika terdapat masalah pada mata kita, orang harus rela membayar harga yang sangat mahal untuk mengobatinya.

Mengkonsumsi kurma adalah pilihan yang tepat bagi anda untuk menjaga kesehatan mata anda. Karena kurma mengandung vitamin yang sangat baik untuk mata.

Mengatasi diare

manfaat kurma

pixabay.com

Kurma mengandung potasium yang dikenal efektif untuk mengendalikan diare. Kurma juga mudah ditelan sehingga membantu meringankan diare kronis. Serat yang terkandung dalam kurma juga dapat membantu penyembuhan diare dengan cara membantu kinerja usus untuk mendapatkan fungsi pembuangan yang normal.

Mengatasi kanker

Manfaat kurma

pixabay.com

Kanker adalah salah satu penyakit mematikan. Selain pengobatan medis, banyak sekali pengobatan-pengobatan yang menggunakan herbal. Kurma adalah salah satu buah yang dapat mengatasi kanker.

Kurma mengandung zat yang mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah kurma secara rutin setiap hari, anda dapat terhindar bahkan sembuh dengan izin Allah dari penyakit kanker.

Menaikkan trombosit

manfaat kurma

hellosehat.com

Bagi seseorang yang terkena penyakit demam berdarah pastinya membutuhkan obat yang dapat menaikkan trombosit. Semakin cepat trombosit tubuh menjadi normal akan semakin cepat pula sembuh.

Selain jambu biji, kurma juga dapat membantu menaikkan trombosit dengan cepat. Oleh karena itu, ketika anda atau saudara anda terkena penyakit demam berdarah, mengkonsumsi kurma adalah salah satu pilihan tepat.

Mengatasi alergi

manfaat kurma

corporate.kimiafarmaapotek.co.id/

Di dalam kurma terdapat zat yang bernama sulfur. Sulfur sangat bermanfaat bagi anda yang sedang mengalami alergi.

Anti darah tinggi

Manfaat kurma

blog.manjadda.com

Buah kurma dianggap memiliki potensi sebgai obat penyembuh penyakit darah tinggi karena kadar kalium yang terkandung didalamnya. Mineral ini dianggap mampu menurunkan tekanan darah.

Meningkatkan kualitas seksual

manfaat kurma

www.mediagaruda.co.id

Kurma mengandung asam amino yang dipercaya dapat menaikkan libido dan stamina seksual. Rendamlah kurma dengan susu kambing selama semalam. Kemudian campur dengan kapulaga dan madu. Minumlah Ramuan alami ini ketika hendak berhubungan atau rutin untuk hasil maksimal.

>> Info Terbaru: Dahsyatnya Manfaat Daun Afrika, Penawar Penyakit HIV/AIDS

Baik untuk ibu hamil

Manfaat kurma

www.vemale.com

Kurma memiliki kalori yang tinggi dan dapat dicerna secara cepat oleh tubuh. Energi yang dikeluarkan oleh tubuh ketika melahirkan akan cepat tergantikan.

Disisi lain, kandungan kalium yang cukup tinggi dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ketika proses melahirkan, tekanan darah sang ibu cenderung meningkat.

Selain itu, kurma juga baik untuk ibu menyusui, yang pastinya akan sangat banyak membutuhkan nutrisi. Salah satu manfaat kurma adalah dapat mencukupi kebutuhan ibu dan bayi. Kandungan nutrisi yang terdapat pada kurma akan sangat baik bagi mereka.

Manfaat kurma muda

Manfaat kurma muda

pixabay.com

Bagi masyarakat Indonesia pada umumnya mungkin masih asing dengan kurma muda atau biasa disebut ruthob. Hal tersebut wajar karena kurma yang banyak beredar merupakan kurma kering (tamr). Salah satu alasannya adalah karena kurma muda tidak bisa bertahan lama diluar alat pendingin.

Kurma muda memiliki rasa sepat dan manis tergantung jenisnya dan memiliki tekstur yang renyah. Banyak beredar informasi mengenai manfaat kurma muda yaitu untuk kesuburan.

Meskipun belum ada penelitian secara klinis, bannyak orang yang telah membuktikan setelah lama belum memiliki keturunan kemudian mengkonsumsi kurma muda berhasil hamil.

Karena jumlahnya yang langka dan susahnya penyimpanan, harga kurma muda di Indonesia menjadi sedikit mahal. Karena kelangkaan dan harga yang mahal tersebut biasanya kurma muda dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh bagi para jamaah umroh.

Selain dipercaya memiliki khasiat kesuburan, kurma muda juga enak dikonsumsi meskipun rasanya agak sepat. Dengan tekstur yang  renyah, kurma muda juga memiliki sensasi tersendiri ketika dimakan, karena sebelumnya hanya sering mengkonsumsi kurma kering.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai manfaat kurma kali ini. Jika ulasan ini dirasakan mengandung manfaat silahkan dibagikan ke saudara, teman, tetangga, maupun yang lain.

Sekian dulu dari saya, jangan lupa tetap terus kunjungi lamosea untuk mendapatkan berbagai macam info menarik lainnya. Wassalamualaikum…

Leave a Reply

%d bloggers like this: