5+ Rahasia Manfaat Masker Kunyit Untuk Wajah Sehat Alami

Umumnya, banyak yang mengenal kunyit sebagai pelengkap rasa pada masakan. Terlebih, bagi ibu rumah tangga yang masak sehari-hari. Faktanya, kunyit dapat dijadikan sebagai masker yang memiliki banyak fungsi. Kami akan membahas dengan lengkap mengenai masker kunyit.

Kunyit sangat mudah ditemukan di warung maupun pasar. Karena, fungsinya sendiri diperlukan utuk sehari-hari. Kini, kunyit dapat pula berfungsi sebagai masker yang memiliki beragam manfaatnya. Untuk itu, simak terus pembahasan mengenai masker kunyit dibawah ini.

Manfaat Masker Kunyit

Banyak sekali manfaat yang dapat diberikan dari penggunaan masker kunyit pada wajah. Berikut ulasan lebih lengkapnya ada dibawah ini.

1. Menghilangkan Jerawat

Jerawat yang menganggu penampilan wajah kini dapat diatasi menggunakan kunyit. Caranya yaitu dengan membuat masker dari kunyit yang kemudian di aplikasikan pada wajah. Masker kunyit untuk jerawat ini terbukti ampuh dan sudah banyak digunakan.

2. Menghilangkan Flek Hitam

Flek hitam terjadi karena adanya sel mati yang tidak bisa di angkat secara alami. Untuk menghindari hal tersebut, maka dapat menggunakan kunyit yang dijadikan masker. Terbukti,cara ini sangat efektif untuk menghilangkan flek hitam pada area wajah.

3. Mencegah Penuaan Dini

Masker yang terbuat dari kunyit berperan aktid untuk mencegah penuaan dini. Penuaan dini terjadi akibat kurangnya nutrisi dan gizi pada wajah. Kunyit memiliki kandungan yang sangat tepat untuk membantu mencegah terjadinya penuaan dini pada wajah dengan sehat.

4. Anti Pigmentasi

Bagi anda yang sedang mencari cara untuk menghilangkan pigmentasi maka dapat mencoba menggunakan kunyit. Masker ini merupakan alternatif dari masker susu beruang. Dengan menjadikannya sebagai masker, maka anda akan mendapatkan wajah yang lebih mulus.

5. Menghaluskan Wajah

Wajah yang halus merupakan dambaan setiap orang. Karena itu, untuk menghaluskan wajah dapat menggunakan kunyit. Masker kunyit memiliki peran yang aktif untuk membantu wajah menjadi lebih cerah merona. Sangat cocok untuk digunakan dalam sehari-hari.

6. Mengobati Wajah Keriput

Keriput yang terjadi pada wajah sangat menganggu penampilan dan mengurangi nilai estetika. Karena itu, untuk mengobatinya dapat menggunakan kunyit. Cukup mudah, yaitu dengan menjadinya sebagai masker dan aplikasikan pada seluruh bagian wajah anda.

Cara Membuat Masker Kunyit

Beragam cara dalam proses pembuatan masker yang satu ini dapat anda coba. Tentu, harus sesuai pada prosedur dan kebutuhan penggunaan.

1. Kunyit Asli

masker kunyit

sumber: hellosehat.com

Manfaat masker kunyit tanpa campuran tentu jauh lebih baik. Anda harus memastikan bahwa wajah anda tidak sensitif dengan kunyit. Ketika sudah beberapa kali menggunakan masker dengan kunyit asli dan tidak ada efek samping, bisa ditambah dengan bahan alami lainnya.

Yang perlu dilakukan yaitu dengan menghaluskan kunyit secukupnya. Setelah itu, oleskan halusan kunyit tersebut pada seluruh bagian wajah yang ingin dikenakan pada masker.

2. Kunyit dan Yogurt

masker kunyit

sumber: naturalfoodseries.com

Kandungan dari yogurt dapat membantu proses perawatan dalam wajah bersama dengan kunyit. Caranya yaitu dengan menghaluskan kunyit terlebih dahulu kemudian di campur yogurt. Setelah itu, anda dapat langsung mengaplikasikannya pada seluruh area wajah.

3. Kunyit dan Madu

masker kunyit untuk jerawat

sumber: wowkeren.com

Kita semua tahu, bahwa madu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan wajah. Karena itu, perpaduan kunyit serta madu memberikan nutrisi yang tinggi pada kulit. Campurkan kunyit dan madu sampai membentuk pasta. Lalu, oleskan  masker kunyit dan madupada wajah.

Baca Juga: 6 Manfaat Masker Oatmeal dan Cara Membuatnya Yang Mudah

 

4. Kunyit dan Susu

masker kunyit dan susu

sumber: beritahati.com

Untuk hasil yang lebih maksimal, maka anda dapat menggunakan perpaduan kunyit dan susu. Susu yang disarankan yaitu susu murni karena lebih terjaga keasliannya. Campurkan kunyit bubuk dengan susu murni secara merata. Masker sudah siap untuk digunakan.

5. Kunyit dan Minyak Kelapa

masker kunyit dan minyak kelapa

sumber: womantalk.com

Kandungan dari minyak kelapa sangat baik untuk kecantikan. Karena itu, perpaduan yang tepat dari kunyit serta minyak kelapa akan menyelesaikan berbagai macam masalah kulit. Setelah itu, aplikasikan masker minyak kelapa campur kunyit ini pada area wajah.

6. Kunyit dan Minyak Zaitun

masker kunyit dan minyak zaitun

sumber: unsplash.com

Minyak zaitun sudah sangat dikenal dalam berbagai macam penyelesaian masalah kulit. Kini, minyak ini dapat dipadukan dengan kunyit agar dapat dijadikan sebagai masker. Hasil yang diberikan sendiri sangat memuaskan, dijamin tidak mengecewakan.

Tips Menggunakan Masker Kunyit

Sebelum menggunakan masker ini, alangkah baiknya anda untuk dapat mengetahui tips yang memang sangat membantu untuk perawatan anda.

1. Tidak Berlebihan

Alangkah baiknya, untuk menggunakan masker ini sesuai pada kebutuhannya. Karena, sesuatu yang berlebihan tentu tidak akan baik bagi wajah. Gunakan saja secukupnya, maksimal 1 hari sekali.

2. Bersihkan Kulit

Sebelum menggunakan masker ini, diharuskan untuk membersihkan kulit wajah terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan agar kotoran yang terdapat pada wajah lebih dahulu hilang. Jika sudah seperti itu, akan semakin memudahkan dalam perawatan kulit wajah.

3. Menggunakan Dengan Tepat

Masih banyak yang belum tahu bagaimana cara penggunaanya. Tentu harus dipahami yaitu dengan mengoleskan semua area. Pastikan untuk mengoleskan secara merata dan tepat. Lebih baik menggunakan tangan secara langsung dibandingkan menggunakan alat.

4. Jangan Terlalu Lama

Banyak yang bertanda, apakah aman menggunakan masker lebih dari 1 jam? Tentu tidak. Hal ini sebaiknya dilakukan kurang lebih 30 menit saja. Karena, nutrisi dan vitamin yang ada akan menutrisi lebih cepat Jika sudah sesuai pada waktunya, sebaiknya segera di bersihkan.

5. Bilas Dengan Benar

Setelah mengaplikasikannya, maka terakhir yaitu melakukan pembersihannya. Perlu diketahui, bahwa untuk pembersihannya harus dilakukan dengan benar. Yaitu dengan menggunakan air bersih. Disarankan menggunakan air hangat untuk memudahkan pembersihan. Kemudian air dingin agar pori-pori menutup.

Efek Samping Penggunaan Masker Kunyit

Bagi sebagian orang mungkin dapat saja mendapatkan hasil yang berbeda. Hal ini mungkin saja terjadi karena penggunaan tidak tepat dan sesuai pada wajah. Berikut efek samping masker kunyit.

1. Kulit Memerah

Beberapa orang setelah menggunakan masker ini akan mendapatkan kulit yang memerah. Mengapa demikian? Tentu, dikarenakan tidak semua orang cocok menggunakan masker kulit. Jika mndapati hal seperti ini, segera hentikan pemakaian untuk sementara waktu.

2. Wajah Gatal

Salah satu efek samping yang mungkin terjadi yaitu adanya penolakan pada wajah. Wajah yang gatal harus segera diatasi dengan menghentikan pemakaiannya. Karena itu, untuk mengatasinya sendiri harus dilakukan dengan benar.

3. Perdangan Area wajah

Kerap kali peradangan di area wajah terjadi sebagai akibat dari efek samping yang ada. Untuk itu, anda harus memahami dengan benar mengenai hal ini. Segera hentikan pemakaian untuk hasil yang lebih baik.

Nah, begitulah pembahasan lengkap mengenai masker kunyit yang dapat anda gunakan. Masker ini juga dapat digunakan sebagai masker rambut yang cocok untuk semua orang. Pastikan untuk menggunakan sesuai pada kebutuhannya. Tidak telalu berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan belum tentu baik. Semoga artikel diatas bermanfaat !

Leave a Reply

%d bloggers like this: