3 Cara Membuat Masker Lidah Buaya Sendiri Dengan Mudah di Rumah

Kandungan nutrisi yang melimpah pada lidah buaya menjadikannya dapat digunakan untuk perawatan kulit maupun rambut. Kini, sudah banyak sekali produk yang dibuat menggunakan lidah buaya. Termasuk dengan masker lidah buaya untuk wajah.

Tanaman yang tumbuh liar ini memiliki banyak kandungan seperti antioksidan, vitamin A, B, C, E, magnesium, natrium sampai dengan glukosa yang dapat dimanfaatkan untuk perawatan. Salah satunya dengan membuat masker lidah buaya yang hasilnya berkualitas.

Manfaat Masker Lidah Buaya Untuk Kecantikan

Lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh. Termasuk dengan manfaatnya untuk kecantikan dan dapat digunakan oleh semua orang. Masker lidah buaya manfaatnya sangatlah melimpah. Berikut ini akan kami sampaikan untuk anda.

1. Melembabkan Kulit Wajah

Tidak dapat dipungkiri, bahwa wajah merupakan bagian yang paling sering dilihat. Karena itu,wajah juga harus tetap dirawat. Lidah buaya mampu untuk membuat kulit wajah menjadi lembab dan tidak mudah kering. Hal ini sangat baik agar tampil segar setiap saat.

2. Mengobati Jerawat

Bagi sebagian orang, jerawat merupakan masalah yang sangat besar. Untuk mengobatinya sendiri, setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda. Masker lidah buaya untuk jerawat terbukti ampuh dan sudah banyak yang menggunakannya.

3. Mengurangi Peradangan di Kulit Wajah

Kerap kali, peradangan pada kulit muncul saat mereka akan mendapatkan jerawat. Peradangan yang tidak di atasi dengan baik akan terasa sakit. Kini, anda dapat menggunakan lidah buaya sebagai salah satu cara untuk mengurangi peradangan.

4. Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah

Flek hitam, disebabkan karena adanya sel kulit mati pada wajah. Untuk mengatasinya, dibutuhkan lidah buaya yang berguna untuk melakukan regenerasi sel kulit. Dengan begitu, sel kulit mati akan di hilangkan untuk kemudian menghasilkan sel baru.

5. Menunda Penuaan Dini

Siapa yang ingin terlihat tua dengan cepat? Tentu semua orang tidak menginginkannya. Jangan khawatir akan masalah tersebut, karena lidah buaya sudah terbukti dapat mengastinya.  Kandungan masker lidah buaya wajah sangat baik untuk mencegahnya.

6. Mengencangkan Kulit

Kulit yang kencang merupakan dambaan bagi semua orang. Faktanya, tidak semua orang tahu bagiamana cara melakukannya. Lidah buaya untuk wajah mampu mengencangkan kulit dengan lebih cepat. Kandungan nutrisi yang melimpah membuat sel kulit lebih sehat.

Baca Juga: Masker Putih Telur Yang Sangat Bermanfaat Untuk Wajah {FAKTA}

 

Cara Membuat Masker Lidah Buaya

Masker lidah buaya dapat dibuat dengan lebih baik dan cepat sesuai pada kebutuhannya. Tentu, semua proses yang dilakukan harus sesuai pada prosedurnya agar hasilnya sendiri memuaskan. Inilah cara yang dapat digunakan.

1. Lidah Buaya Yang Segar

masker lidah buaya

source: pixabay.com

Cara membuat masker dari lidah buaya ini tidak membutuhkan tambahan. Hanya dengan mengambil daun lidah buaya baru serta tekan untuk mendapatkan gelnya. Setelah itu, oleskan langsung gel tersebut pada kulit. Pastikan untuk mengoles pada seluruh bagian.

Setelah itu, tunggu sekitar 10 menit sampai gel benar-benar mengering. Jika sudah mengering, bilas dengan menggunakan air bersih sampai benar-benar hilang. Gunakan cara ini setidaknya seminggu sekali untuk hasil yang lebih maksimal.

2. Menggunakan Campuran Lemon

masker lidah buaya

source: tomaschorvat.com

Campuran bahan-bahan alami dapat digunakan untuk hasil yang lebih baik. Lemon yang dipadukan dengan lidah buaya dapat dijadikan sebagai masker. Caranya yaitu dengan mencampurkan gel lidah buaya dengan perasan air lemon. Setelah itu,masukan kulkas.

Tunggu sampai dingin, sekitar 5 jam dalam keadaan normal. Jika sudah, maka oleskan masker campuran lemon ini pada seluruh bagian wajah anda. Tunggu sampai benar-benar mengering, dan bersihkan. Gunakan cara ini secara rutin untuk hasil maksimal.

3. Campuran Madu Murni

masker lidah buaya dan madu

source: okezone.com

Campuran masker lidah buaya dan madu murni dapat menghasilkan hasil yang lebih baik. Penggunaannya dengan mencampurkan gel dari lidah buaya secukupnya dengan madu.

Setelah itu, dapat langsung digunakan pada bagian wajah yang membutuhkan. Cukup dengan mengoleskannya dan biarkan kurang lebih 20 menit. Selanjutnya, bersihkan dengan menggunakan air dingin agar pori-pori langsung menutup.

Bolehkan Menggunakan Masker Lidah Buaya Semalaman?

Banyak sekali wanita yang menanyakan akan hal ini. Dimana, apakah baik menggunakan masker selama tidur? Sebaiknya tidak, karena terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi wajah jika digunakan semalaman. Namun apa saja alasannya? Berikut kami sampaikan untuk anda.

1. Nutirisi Tidak Terserap Dengan Baik

Yang perlu anda ketahui yaitu bahwa penggunaan masker sebaiknya digunakan tidak semalaman. Hal ini karenakan nutrisi yang diberikan tidak akan terserap dengan baik. Dimana, kondisi tubuh saat tidur berubah-ubah dan kerap kali pada suhu yang panas.

Jika sudah demikian, pori-pori akan kembali membuka ruangnya dan justru kotoran yang seharusnya terangkat akan kembali masuk. Karena itu, tidak diperbolehkan menggunakan masker selama seharian.

Baca Juga: 6 Cara Membuat Masker Minyak Zaitun Untuk Wajah Cantik Alami

 

2. Posisi Tidur Berubah-ubah

Saat anda tidur semalaman, posisi tidur akan berubah-ubah. Hal ini juga menjadi salah satu masalah saat anda menggunakan masker. Dimana, seharusnya menggunakan masker sendiri harus tetap dalam keadaan yang bersih.

Bisa jadi, dalam posisi berubah-ubah tersebut anda secara tidak sadar memang masker dalam keadaan tangan kotor. Jika sudah begitu, sangat di sayangkan anda menggunakan masker lidah buaya. Jadi, gunakanlah tidak lebih dari 30 menit saja.

Efek Samping Menggunakan Masker Lidah Buaya

Bagi mereka yang cocok menggunakan bahan alami ini mungkin cukup dianjurkan. Namun, bagaimana untuk mereka yang tidak cocok menggunakannya? Tentu, terdapat efek samping yang akan ditimbulkan seperti dibawah ini.

1. Alergi Kulit

Penggunaan gel lidah buaya pada mereka yang tidak cocok menggunakannya akan mengakibatkan terjadinya alergi pada kulit. Alergi pada kulit ini disebabkan karena kulit yang menolak untuk menggunakan gel tersebut. Akibatnya justru kulit menjadi kering dan merah.

2. Wajah Kusam

Pada sebagian orang yang memang tidak cocok menggunakannya, efek samping yang ditimbulkan cukup berbahaya. Wajah kusam menjadi efek samping yang dapat ditimbulkan saat nutrisi dalam  lidah buaya tidak dapat diterima dengan baik pada kulit.

3. Kulit Wajah Meradang

Kulit wajah yang meradang juga dapat terjadi karena efek samping dari penggunaan lidah buaya. Umumnya, memangn efek samping ini jarang terjadi. Namun, bisa saja terjadi pada beberapa orang. Karena itu, sebelum menggunakan harus sesuai pada kebutuhan anda.

4. Bintik jerawat

Efek samping yang dapat dihasilkan dari penggunaan masker lidah buaya yaitu adanya bintik jerawat. Hal ini dikarenakan tipe wajah setiap orang berbeda-beda termasuk bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Sebagiknya, jika sudah seperti ini anda menghentikan pemakaian.

5. Wajah Berminyak

Wajah yang berminak menjadi masalah yang dapat timbul akibat penggunaan lidah buaya. Karena, adanya perbedaan dalam penggunaan yang mengakibatkan terjadinya masalah ini. Alternatif lain yang dapat digunakan yaitu masker alpukat karena rendah kadar minyaknya.

Nah, begitulah ulasan lengkap mengenai masker lidah buaya yang dapat digunakan. Pastikan untuk menggunakan masker sesuai pada kebutuhannya masing-masing. Karena, jika tidak menggunakan dengan benar,efek samping lidah buaya cukup berbahaya bagi anda. Selamat mencoba.

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: