6 Manfaat Olahan Masker Madu Untuk Kecantikan

Tentu, semua orang sudah kenal dengan madu. Kandungan yang terdapat pada madu sangatlah melimpah dan memiliki khasiat baik untuk perawatan wajah. Terlebih, dengan dijadikan sebagai masker madu yang dapat anda buat dengan begitu mudah serta cepat.

Seperti halnya kandungan antioksidan, antimikroba yang begitu baik untuk menenangkan kulit anda. Dimana, madu sendiri sangat mudah untuk dijadikan masker dengan berbagai macam manfaatnya. Masker ini terbukti ampuh untuk memberikan manfaat pada perawatan tubuh.

Manfaat Masker Madu

Terdapat banyak sekali manfaat yang ada dari penggunaan masker ini. Terbukti, hasilnya sendiri sangatlah baik untuk wajah.

1. Menghilangkan Flek Hitam

Flek hitam pada wajah terjadi karena adanya sel kulit mati. Kandungan madu bekerja secara aktif untuk menghilangkan flek hitam dengan lebih cepat. Sel kulit mati akan terangkat dan diganitkan dengan sel baru yang membantu proses perbaikan kulit wajah.

2. Memutihkan Wajah

Ingin wajah putih ? Anda dapat mencoba menggunakan masker dari madu. Banyak sekali kandungan seperti vitamin C yang berguna untuk menutrisi sel kulit wajah. Dengan begitu, wajah anda akan menjadi lebih putih dan siap menjalani aktivitas.

3. Melembabkan Wajah

Wajah yang lembab dapat berguna untuk tehindar dari berbagai macam masalah kulit. Kini, untuk melembabkan kulit dapat menggunakan masker yang terbuat dari madu.  Cara ini merupakan alternatif dari masker zaitun yang dapat melembabkan wajah.

4. Mencegah Penuaan Dini

Tentu, semua orang tidak ingin merasa wajahnya jauh lebih tua. Untuk itu, penggunaan masker berbahan madu berguna untuk mencegah adanya penuaan dini. Dengan kandungan vitamin dan antioksidan membantu untuk membuat wajah tampak lebih muda dan berseri.

5. Menghilangkan Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah pada kulit yang cukup susah diatasi. Anda dapat mencoba menggunakan madu yang dijadikan sebagai masker untuk penggunaanya. Dibandingkan dengan masker yogurt, masker madu untuk jerawat ini tidak kalah ampuh.

6. Mencerahkah Kulit Wajah

Manfaat masker madu untuk memutihkan wajah terbukti sangat ampuh. Kandungan yang ada pada madu dapat membantu menutrisi kulit dengan lebih baik. Selain itu, madu sendiri mampu mengangkat kotoran agar hilang pada wajah. Dijamin, wajah akan tampak cerah !

Cara Membuat Masker Madu Terpopuler

Berbagai macam bahan yang dapat dipadukan dengan madu untuk menghasilkan masker agar dapat digunakan pada wajah. Apa saja bahan yang dapat digunakan? Selengkapnya ada dibawah ini.

1. Madu dan Lidah Buaya

masker madu

source: magazine.job-like.com

Lidah buaya sudah banyak dikenal sebagai salah satu tanaman untuk perawatan. Kini, lidah buaya dapat dicampurkan dengan madu untuk digunakan sebagai masker. Cukup campurkan sampai berbentuk pasta, kemudian aplikasikan secara merata pada daerah wajah.

2. Madu dan Garam

masker madu

source: malangvoice.com

Garam pada umumnya hanya digunakan untuk penyedap rasa saja. Kini, dapat dijadikan masker dengan campuran madu. Kombinasi dua bahan ini cukup baik untuk membuat wajah anda lebih bersih.Masker madu dan garam terbukti jauh lebih ampuh.

3. Madu dan Kayu Manis

masker madu

source: intisari.grid.id

Kayu manis memang tidak terlalu familiar, namun justru memiliki khasiat yang baik. Madu dihangatkan terlebih dahulu kemudian di campur dengan kayu manis bubuk. Campurkan sampai benar benar merata, dan gunakan secara benar pada wajah anda.

4. Masker Madu Murni

masker madu

source: pulse.ng

Madu murni sudah pasti memiliki banyak sekali kandungan yang baik bagi tubuh. Karena itu, anda dapat menggunakannya secara langsung. Cukup dengan mengoleskan madu pada wajah anda secukupnya. Jadi manfaat masker madu tanpa campuran tidak kalah bagus hasilnya.

5. Madu dan Putih Telur

masker madu

source: vemale.com

Putih teluh memiliki khasiat yang baik untuk perawatan wajah. Kombinasikan dua bahan ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Gunakan 1 sendok putih telur dengan 1 sendok madu. Setelah itu, aplikasikan pada area wajah yang ingin menggunakan masker.

Baca Juga: Masker Putih Telur Yang Sangat Bermanfaat Untuk Wajah {FAKTA}

 

6. Madu dan Jeruk Nipis

masker madu

source: tipskebugaran.com

Jeruk nipis memiliki kandungan berupa vitamin C yang baik untuk kulit wajah. Perpaduan dari jeruk nipis dan madu dapat memberikan efek yang baik bagi wajah anda. 1  perasan jeruk nipis di campurkan madu, kemudian aplikasikan masker madu dan jeruk nipis ke wajah anda.

Tips Menggunakan Masker Madu

Menggunakan masker dari madu haruslah dengan tepat dan benar. Untuk itu, kami akan memberikan beberap tips dalam menggunakannya.

1. Gunakan Madu Murni

Perlu anda ketahui, bahwa saat ini banyak sekali beredar madu secara bebas. Namun, untuk madu murni sendiri memiliki harga yang relatif mahal sesuai pada khasiatnya. Karena itu, sebelum menjadikannya sebagai masker pastikan bahwa madu yang dibeli ialah asli.

2. Hangatkan Madu Terlebih Dahulu

Penting untuk anda ketahui ! bahwa sebelum menggunakan alangkah baiknya untuk menghangatkan madu dahulu. Hal ini berfungsi agar madu yang hangat tersebut menempel pada wajah dan dapat menutrisi dengan lebih baik lagi.

3. Gunakan Kuas

Dalam pengaplikasiannya, disarankan untuk menggunakan kuas. Mengapa harus menggunakan kuas? Karena, kuas jauh lebih bersih dibandingkan menggunakan tangan. Selain itu, untuk kuas sendiri mudah untuk dibersihkan.

4. Gunakan Handuk Bersih

Secara tidak sadar, penggunaan handuk yang kotor pada wajah justru akan merusak wajah. Untuk itu, selalu gunakan handuk yang bersih jika anda ingin membersihkan masker. Agar lebih baik, bedakan antara handuk untuk tubuh dan handuk untuk wajah.

5. Bilas Dengan Air

Gunakan air hangat untuk memudahkan proses pembersihan masker. Kemudian bilas dengan air dingin pada wajah membantu untuk menutup pori-pori. Hal ini dapat dilakukan setelah menggunakan masker. Karena, sangat penting untuk menutup pori-pori yang telah terbuka sebelumnya. Pastikan menggunakannya secara benar.

Efek Samping Penggunaan Masker dari Madu

Beberapa orang yang tidak cocok menggunakan masker ini bisa jadi menimbulkan masalah. Berikut ini beberapa kemungkinan yang akan terjadi jika kulit wajah tidak cocok. Untuk itu, pahami terlebih dahulu apa efek samping yang bisa terjadi.

1. Wajah Memerah

Mungkin beberapa orang yang ternyata tidak cocok menggunakan masker ini maka akan terjadi wajah memerah. Hal ini disebabkan karena adanya penolakan dalam kulit wajah. Jika terjadi hal seperti ini, langkah terbaik yaitu dengan menghentikan pemakaian masker.

2. Gatal Pada Wajah

Gatal yang terjadi pada wajah bisa jadi karena adanya efek samping dari penggunaan masker. Umumnya Gatal menyerang di bagian yang digunakan pada masker. Jika masalah ini terjadi, kenali penyebabnya apakah dari madu atau dari bahan campuran yang digunakan.

3. Terjadinya Peradangan

Perlu di waspadai, efek samping dari penggunaan masker ini yaitu terjadinya peradangan kulit. Peradangan kulit wajah yang terjadi harus segera di obati agar tidak menimbulkan berbagai macam masalah lainnya. Hentikan pemakaian masker dan konsultasikan ke ahlinya.

Begitulah ulasan lengkap mulai dari manfaat masker madu, penggunaannya sampai efek samping yang diberikan. Masker yang satu ini dapat anda coba sendiri di rumah.Manfaat masker madu tiap malam sendiri cukup baik. Namun, pastikan menggunakan sesuai prosedur. Selamat mencoba.

Leave a Reply

%d bloggers like this: