5+ Manfaat Timun Untuk Perawatan Wajah Yang Ampuh

Mentimun biasa di gunakan oleh ibu untuk dijadikan sayuran dalam konsumsi. Banyak sekali kandungan baik yang ada pada mentimun. Saat ini, mentimun juga dapat dijadikan sebagai masker. Masker timun dapat digunakan sebagai metode perawatan wajah agar lebih baik.

Kandungan aktif dalam mentimun bekerja secara aktif untuk menutrisi daerah kulit. Dengan begitu, kulit para area wajah akan lebih berdampak baik. Penggunaan masker timun sudah banyak di gunakan oleh masyarakat.

Manfaat Masker Timun Untuk Wajah

Banyak sekali kandungan yang diberikan dari penggunaan masker timun pada wajah ini. Terbukti, perawatan wajah dengan masker timun sangatlah berkualitas.

1. Menghilangkan Mata Panda

Memiliki masalah berupa mata panda? Jangan bingung, kini dapat diatasi dengan menggunakan timun. Timun dapat digunakan untuk menghilangkan mata panda dengan sangat cepat.

2. Mencerahkan Kulit Wajah

Ingin memiliki wajah yang cerah dan merona? Cobalah dengan menggunakan timun. Timun yang dijadikan masker dapat membantu mencerahkan kulit wajah anda. Kandungan vitamin C yang ada dalam timun memberikan nutrisi yang begitu tinggi agar kulit lebih cerah.

Baca Juga: 5+ Manfaat Masker Kopi Dan Cara Membuatnya Yang Mudah

 

3. Menghilangkan Flek Hitam

Flek hitam pada wajah di akibatkan karena adanya sel kulit mati yang tidak berkembang. Untuk mengatasi hal ini, maka dapat menggunakan timun. Timun bekerja dengan mengangkat sel kulit mati agar dapat di regenerasi menghasilkan sel yang baru.

4. Mengatasi Wajah Berminyak

Wajah yang berminyak menjadi masalah bagi sebagian ornag. Karena, dengan wajah yang beerminyak maka menjadikan penyakit seperti jerawat mudah datang. Untuk itu, agar wajah tidak berminyak dapat menggunakan timun yang segar.

5. Mengecilkan Pori-Pori

Pori pori pada kulit wajah yang membesar dapat menyebabkan kotoran masuk. Bagaimana jika kotoran sudah masuk? Kulit akan susah untuk di nutrisi. Karena itu, gunakanlah timun untuk mengecilkan pori pori wajah anda.

6. Mengatasi Kulit Wajah Kering

Kerap kali, wajah yang kering sangat menganggu penampilan. Untuk mengatasi hal ini, anda dapat menggunakan timun. Timun memiliki sifat antioksidan yang berguna untuk melembabkan kulit wajah. Cara ini merupakan alternatif dari penggunaan masker alpukat.

Cara Membuat Masker Timun Terbaik

Jangan bingung untuk membuat masker yang satu ini, karena dapat dengan mudah andda buat. Terdapat beberapa bahan alami yang dapat di kombinasikan agar lebih baik. Simak selengkapnya cara membuat masker timun sederhana.

1. Tanpa Campuran

cara membuat masker timun tanpa blender

source: vemale.com

Timun yang alami dapat digunakan secara langsung tanpa campuran sedikitpun. Haluskan terlebih dahulu timun yang akan dijadikan masker. Untuk membuatnya maskernya, anda bisa memparut atau dengan diblender. Setelah itu saring timun yang sudah lembut tadi agar kandungan air berkurang.

Kemudian dapat langsung di aplikasikan pada bagian wajah anda. Untuk mengatasi mata panda, iris timun dan taruh diatas mata. Biarkan beberapa saat dan anda akan lihat perubahan yang bagus.

2. Timun dan Madu

cara membuat masker timun sederhana

source: lifestyle.okezone.com

Tidak perlu diragukan lagi, bahwa madu memiliki banyak khasiatnya termasuk untuk kecantikan. Gunakan timun yang telah di haluskan dengan madu secukupnya. Setelah itu, aplakasikan secara merata pada area wajah terutama pada bagian yang memerlukan.

3. Timun dan Tomat

cara memakai masker timun dan tomat

source: nakita.grid.id

Sudah banyak diketahui bahwa tomat memiliki khasiat yang baik untuk wajah. Untuk itu, anda dapat menggunakan campuran timun dan tomat secukupnya. Setelah itu, oleskan masker timun dan tomat pada bagian yang memerlukannya.

4. Timun dan Jeruk Nipis

cara membuat masker timun

source: wholefully.com

Kombinasi dari jeruk nipis dengan timun terbukti memiliki hasil yang begitu baik untuk perawatan wajah.Cara membuat masker timun dan jeruk nipis sangatlah mudah. Siapkan air jeruk nipis secukupnya kemudian campurkan dengan timun dan aplikasikan di wajah.

5. Timun dan Yogurt

masker timun dan yogurt

source: pinterest.com

Yogurt dikenal oleh masyarakat untuk berbagai macam perawatan wajah. Kini, keduanya dapat di kombinasikan untuk menghasilkan masker untuk wajah. Siapkan 2 sendok yogurt dan timur halus dan aduk sampai menjadi pasta. Kemudian aplikasikan pada wajah.

6. Timun dan Putih Telur

manfaat masker timun dan putih telur

source: folder.pk

Manfaat masker timun dan putih telur sangat baik untuk mengangkat komedo. Kedua bahan alami ini dapat dicampurkan untuk menjadi masker. Campurkan kedua bahan sampai merata. Selanjutnya, oleskan pada seluruh bagian wajah yang ingin anda bersihkan.

Tips Khusus Menggunakan Masker Timun

Menggunakan masker timun juga harus memperhatikan beberapa hal yang diperlukan. Karena itu, kami akan memberikan tips yang sangat baik untuk anda gunakan.

1. Pilih Timun Yang Tepat

Memilih timun haruslah sesuai dan tepat. Lalu, bagaimana timun yang tepat? Yaitu yang tidak terlalu keras dan tidak busuk. Dalam keadaan yang normal. Dimana, sangat mudah untuk diolah dan memiliki kandungan yang lebih baik serta tidak membuat iritasi kulit.

2. Gunakan Bahan Alami

Perlu anda ketahui, untuk semua campuran yang digunakan sebaiknya ialah bahan-bahan alami. Karena, dengan menggunakan bahan alami efek samping yang ditimbulkan lebih sedikit dibandingkan menggunakan bahan kimia. Bahan kimia justru dapat merusak wajah.

3. Gunakan Sesuai Prosedur

Banyak masyarakat yang kurang paham mengenai penggunaan masker timun. Masker yang satu ini hanya baik digunakan 3 kali dalam seminggu. Tidak disarankan untuk menggunakan masker timun setiap hari karena sesuatu yang berlebihan jelas tidak baiK.

Efek Samping Menggunakan Masker Timun

Sebagaian orang yang tidak tepat penggunaanya dapat menyebabkan berbagai macam masalah timbul. Hal ini dikenal dengan efek sampingnya.

1. Iritasi Kulit Wajah

Iritasi pada kulit wajah dapat tejadi karena adanya ketidakcocokan pada wajah. Dengan begitu, wajah akan menjadi tampak lebih merah. Jika masalah seperti ini datang pada wajah anda, sebaiknya hendikan pemakaian dan segera lakukan konsultasi pada dokter.

2. Gatal Pada Wajah

Masalah berupa gatal pada wajah bisa jadi merupakan hasil dari efek samping penggunaan masker ini. Umumnya, beberapa orang yang mengalami hal ini karena menggunakan bahan campuran yang tidak benar. Hasilnya, wajah menjadi gatal di area yang terkena masker.

3. Wajah Beruntusan

Beruntusan di wajah terjadi karena ketidakcocokan dalam menggunakan masker. Termasuk pada masker dari timun ini yang tidak semua orang cocok. Untuk itu, pastikan terlebih dahul bahwa penggunaanya tepat dan sesuai pada kebutuhan anda.

Usai sudah pembahasan mengenai masker timun yang perlu anda pahami. Sebelum menggunakanya alangkah baiknya anda sudah memahami dengan jelas apa yang kami sampaikan diatas. semoga artikel ini dapat dijadikan referensi. Selamat mencoba

Leave a Reply

%d bloggers like this: