Tempat Wisata Malang Ter-Hits Dan Kekinian

Wisata Malang – Indonesia adalah Negara yang kaya akan segalanya. Mulai dari sumber daya alam, seni budaya, hingga destinasi wisatanya. Arief Yahya, Menteri Pariwisata Indonesia mengatakan bahwa kekuatan pariwisata Indonesia adalah alam dan budaya yang sudah diakui dunia.

Salah satu yang memiliki tempat wisata yang bayak dan bagus adalah kota Batu dan Malang dan Batu. Masyarakat masih banyak yang menganggap kota Batu adalah Malang. Padahal Batu adalah kota tersendiri yang dulunya memang bagian dari kabupaten Malang yang telah memisahkan diri.

Jadi wajar saja banyak masyarakat menyebut Batu masih dengan “embel-embel” Malang, atau tempat wisata yang ada di kota Batu dianggap tempat wisata Malang.

Berikut ini akan dibahas tempat wisata Malang dan tempat wisata Batu yang recommended untuk disambangi.

Coban Rais

wisata malang

coban rais (sumber: jatim.tribunnews.com)

Batu memiliki banyak sekali coban karena merupakan daerah bukit dan pegunungan. Coban adalah sebutan untuk air terjun. Salah satu coban yang terkenal adalah Coban Rais.

Coban Rais ini relatif lebih natural kondisi alamnya dan masih terjaga dari pada tempat wisata coban lainnya. Tempat ini sangat cocok bagi anda untuk tempat outbond maupun berkemah. Karena di Coban Rais terdapat bumi perkemahan yang cocok sekaligus digunakan untuk outbond.

Tempat wisata ini lebih populer sejak Desember 2016 setelah adanya spot wisata baru yang bernama Bukit Bulu Batu Flower Garden. Setiap harinya tempat ini selalu padat pengunjung karena spot-spot yang ada sangat instagramable.

Berikut ini beberapa wahana yang ada di Batu Flower Garden.

Flower Garden

wisata malang

batu flower garden (sumber: explorewisata.com)

Dari namanya sudah jelas, disini terdapat banyak sekali jenis bunga yang cantik. Selain menikmati warna warninya bunga, kalian juga bisa menikmati keindahan alam sekitar. Cocok sekali untuk kalian yang ingin menikmati suasana alam dan berfoto ria. Karena terdapat banyak sekali spot foto yang menarik untuk diabadikan.

Ditambah lagi di era digital seperti ini, info apapun baik yang positif maupun negatif akan cepat menyebar. Tidak heran tempat ini ramai dikunjungi wisatawan.

Hammock Bertingkat

wisata malang

hammock bertingkat (sumber: batuholiday.com)

Di dalam Batu Flower Garden tardapat hammock bertigkat yang kalian bisa coba untuk mengetes adrenalin sekaligus tempat foto yang keren.

Tenang saja, spot yang satu ini dijamin aman deh. Karena dilengkapi dengan peralatan safety yang memadai ditambah dengan instruktur yang siap membimbing. Hammock dipasang diantara dua pohon pinus. Untuk menaikinya sudah disiapkan tangga yang mudah dinaiki.

Untuk kamu yang punya keberanian tinggi, silahkan memilih hammock yang paling atas untuk menikmati sensaniya dan menuklamti pemandangan yang keren. Setrelah diatas kalian bisa sejenak menikmati pemandangan sekitar. Dan jangan lupa diabadikan ya lewat foto kerennya.

Baca: Percakapan Bahasa Inggris Sehari hari dan Artinya

Sepeda Udara dan Ayunan

wisata malang

sepeda udara (sumber: ngalam.co)

Bagi yang suka tantangan ekstrem, kalian wajib mencoba wahana yang satu ini. Yang kalian lakukan di sini adalah kalian mengayuh sepeda dengan lintasan tali sepanjang sekitar 75 meter dari ketinggian 10 meter. Bisa dibayangkan sensasinya.

Kalau kalian sangat ingin mencobanya namun takut, tenang saja. Setiap wisatawan yang ingin menaikinya diberikan pengaman berupa peralatan yang sangat saferty.

Disini, wisatawan hanya cukup merogoh kocek sebesar 20 ribu rupiah dengan bonus 1 foto dari kamera profesional.

Selain sepeda udara, kalian juga bisa mencoba ayunan. Ayunan tersebut sengaja dipasang di tepi jurang untuk menambah sensasi ekstremnya. Kalian tidak perlu takut, semua wahana ekstrem disini sudah dilengkapi dengan pengaman dan instruktur berpengalaman.

Sebenarnya masih banyak yang dapat kalian nikmati di Batu Flower Garden. Untuk lebih lengkapnya kalian lihat sendiri ketika sampoai disini…hehe.

Kampung Warna Warni

wisata malang

jembatan kaca ngalam (sumber: medium.com)

Kampung warna warni terletak di Jodipan, dekat pusat kota Malang. Dulunya kampung ini adalah kawasan kumuh. Kampung Jodipan menjelma menjadi salah satu wisata Malang berupa kampung warna warni. Ide ini muncul berkat para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang berusaha untuk merubah kawasan tersebut.

Seiring waktu berjalan, kemudian dibentuklah kampung tridi (3D) diseberang kampung warna warni. Yang membedakan kampung tridi dengan kampung warna warni adalah di kampung tridi dipenuhi oleh gambar gambar tiga dimesi di banyak tempat.

Jadi semua tempat di kampung tridi menjadi spot menarik unutk diabadikan. Untuk mengakomodasi pengunjung yang ingin menyeberang dari kampung warna warni ke kampung tridi maupun sebaliknya kemudian dibangunlah jembatan penghubung.

Sebelumnya untuk menyeberang, pengunjung harus menaiki puluhan anak tangga dan mengambil jalan memutar unutk mencapai keseberang.

Jembatan tersebut dinamakan Jembatan Kaca Ngalam. Dibangunnya jembatan kaca tersebut menajdikan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Jembatan kaca yang dibangun tersebut memiliki panjang 25 meter dan lebar 1,25 meter dengan ketinggian 9,5 meter. Jembatan ini menjadi daya tarik tersendiri karena desain yang dibuat berlantai kaca dan berada diketinngian yang lumayan ekstrem.

Pantai Balekambang

wisata malang

pantai balekambang (sumber: cerita.picmix.it)

Kawasan selatan kabupaten Malang dikenal memiliki pantai yang melimpah dan indah. Salah satunya adalah pantai Balekambang. Pantai Balekambang biasa disebut dengan Pantai Lot-nya Malang. Tempat wisata Malang yang satu ini terletak sekitar 60 km dari pusat kota Malang.

Alasan julukan sebagai Tanah Lot-nya Malang adalah karena terdapat sebuah pura yang berdiri diatas sebuah pulau kecil bernama Pulau Ismoyo. Jadi secara penampakan, sekilas mirip seperti yang ada di Tanah Lot.

Selain terdapat pura yang cantik, kalian juga bisa menikmati pantai seperti biasanya. Jika sedang surut, kalian bisa melihat terumbu karang yang sangat eksotis di bibir pantai.

Baca Juga: Lirik Lagu Atouna El Toufoule

Jawa Timur Park (Jatim Park)

wisata malang

jatim park 3 (sumber: medium.com)

Jawa Timur Park adalah tempat wisata yang terletak di kota Batu. Secara khusus, Jatim Park memiliki 3 kawasan. Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3 yang masih baru .

Jatim Park  1 adalah tempat wisata yang pernah dinobatkan sebagai tempat wisata buatan berskala paling besar se Indonesia. Jatim Park 1 meiliki lebih dari 50 wahana bermain dan hiburan yang tidak akan cukup kalian nikmati semuanya dalam satu hari.

Berbeda dengan Jatim Park 1, Jatim Park 2 mengusung konsep wahana wisata belajar alam, biologi, satwa yang disesuaikan dengan habitat aslinya. Di dalam Jatim Park 2 terdapat Museum Satwa, Batu Secret Zoo, dan juga pohon Inn.

Pohon Inn adalah sebuah hotel atau penginapan yang dibentuk sedemikian rupa seperti pohon hidup.

Di Jatim Park 3, kalian akan dibawa ke dalam suasana hutan belantara ala film Jurrasic Park. Disana terdapat  visualisasi dinosaurus yang dipercaya pernah menghuni bumi ini dulu kala.

Selain dinosaurus, terdapat juga replika tokoh-tokoh terkenal dunia yang siap kalian ajak berfoto. Tentunya akan sangat keren menghiasi timeline sosmed kalian.

Setelah menikmati berfoto ria dengan replika tokoh-tokoh dunia, kalian akan dibawa untuk merasakan sensasi keliling dunia dalam sehari. Jika kalian pernah mendengar cerita Around the World in 80 days, di jatim Park 3 kalian akan dibawa keliling dunia dalam waktu yang lebih singkat, sehari saja…hehe

Kalian bisa merasakan suasana Korea ataupun Jepang dengan melihat bagunan-bangunan seperti  kuil, pagoda, rumah-rumah tradional, bahasan sampai mencoba pakain tradisionalnya.

Pusat Oleh-Oleh

Setelah puas mengunjungi berbagai tempat wisata di Batu dan Malang, kurang afdhol rasanya kalau tidak membeli buah tangan. Di sekitar tempat wisata banyak sekali berjejer toko-toko yang menjual oeleh-oleh berupa makanan khas maupun cinderamata.

Salah satu contoh cinderamata yang bisa untuk oleh-oleh adalah keramik. Di sebuah tempat di Malang bernama Dinoyo merupakan sentra pengrajin keramik. Jika anda berminat bisa berkunjung ke kampung wisata keramik Dinoyo.

Selain itu ada kaos unik khas malangan. Anda bisa cek di www.soakbatu.com. Kalau anda ingin membeli yang grosiran bisa cek di grosir baju murah.

Leave a Reply

%d bloggers like this: